Data Science, Bid Data dan Sugar Daddy

ilustrasi

Oleh : Widhi Wedhaswara

Kemarin,, ngobrol - ngobrol santai dengan Adam Azano tentang data science, analisa data dan big data dalam suatu industri.

Data scientist diperlukan untuk menganalisa data dalam jumlah banyak yang terdapat dalam sistem Big Data. Seorang Data Scientist harus memiliki kemampuan di tiga bidang. Pertama adalah kemampuan tentang business logic di bidang yang digeluti oleh perusahaan yang sedang dia tangani, seperti halnya data analyst. Kedua adalah kemampuan statistika dan matematika yang cukup untuk mengetahui pola-pola data berikut dengan algoritmanya. Ketiga adalah kemampuan menggunakan tools dari sistem Big Data yang membantunya dalam mengolah dan menganalisis data.
Dengan adanya Data Scientist maka analisis Big Data akan menunjukkan hasil yang luar biasa seperti:

1. Hasil analisis lebih efisien, sehingga kebijakan bisnis yang dihasilkan dapat memberikan dampak efisiensi terhadap kinerja perusahaan seperti efisiensi waktu, biaya maupun sumber daya.

2. Hasil analisis lebih akurat. Hal ini lebih berdampak pada kebijakan mengenai pemasaran serta promosi produk suatu perusahaan. Dengan akuratnya kebijakan yang dihasilkan maka akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.
3. Tercapainya kepuasan pelanggan. Hal ini dikarenakan Data Scientist dapat mempelajari pola perilaku pelanggan melalui Big Data yang dia analisis.

Dari uraian singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa Data Scientist sangatlah berperan dalam teknologi bisnis yang sebagian besar pada zaman kini sudah mulai mengaplikasikan Big Data dalam perusahaannya.

Ambil contoh dalam kegiatan desa, suatu desa tidak hanya dipikirkan bagaimana potensi desa tersebut dijual secara wisata melalui media sosial, apalagi tidak terarah misalnya dengan niat buat video youtube saja tetapi melalui data science pasar mana yang bisa ditembus, video seperti apa, timeline serta untuk menarik wisatawan lokal atau mancanegara dan juga kebutuhan pasar untuk wisata desa tersebut seperti apa sehingga memunculkan sebuah video wisata yang menarik.

Sumber : Status Facebook Widhi Wedhaswara

Friday, May 15, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: