Danau Toba Bakal Mendunia

 

Oleh: Wahyu Sutono

Berbahagialah bagi warga sekitar Danau Toba, dan Sumatera Utara pada umumnya, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap mengucurkan dana sebesar Rp3,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba, agar bisa menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

 

Butuh investasi besar untuk membangun kawasan wisata terintegrasi di Danau Toba. Karenanya, Jokowi menilai kombinasi APBN dan investasi swasta mampu mendorong kemajuan pariwisata di kawasan danau terbesar di Indonesia itu. Ada sekitar 28 destinasi wisata yang bisa dieksplorasi, baik dari sisi sejarah, budaya, hingga pemandangan alam di kawasan danau yang mengelilingi 7 kabupaten tersebut. 

Jokowi menyatakan masalah lingkungan juga diperhatikan dalam mengembangkan pariwisata di wilayah Danau Toba. Ia menegaskan izin perusahaan yang merusak lingkungan bisa pemerintah cabut. Menurutnya, dalam membangun kawasan wisata pihaknya akan memetakan terlebih dahulu kawasan yang nantinya dimanfaatkan untuk pelesiran dan juga untuk masyarakat. 

Rencana pengembangan pariwisata Danau Toba akan dimulai tahun ini dan ditargetkan selesai 2020. Sebelumnya, kata Jokowi pembangunan sarana dan prasarana sudah mulai dibangun sejak 2018 lalu. Tadi jalan keliling Samosir hanya kurang 21 kilometer. Itu sebagian sudah, hanya belum kita tunjukkan. Sudah mulai sebetulnya tahun kemarin, cuma belum ditunjukkan," jelas Jokowi. 

Horas.. 
Mejuah juah..

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

 

Thursday, August 1, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: