Dalih yang Terkuak

ilustrasi
Oleh : Reno Risanti Amalia
Masih heboh perihal foto Gunung Pangrango dari sebuah jalan di Kemayoran, Jakarta Pusat. Gunung tersebut tampak begitu jelas, seperti bisa dicapai dalam dua tiga kali geberan bajay. Oleh si produsen foto, saya malas menyebut namanya, dibuatkan caption, "Pemandangan Gunung Pangrango dari Kemayoran Jakarta Pusat menandakan kualitas udara sedang bersih di Jakarta". Konten ini langsung disambut oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI.
Fotografer senior, Arbain Rambey lantas memberi pernyataan bahwa foto tersebut merupakan tempelan dengan berbagai penjelasan mengenai ukuran, jarak dan sebagainya. Foto ini juga dikomentari oleh netizen +62 yang terjebak sadis dengan sarkasme-nya.
Pembuat foto lantas mengakui bahwa itu adalah foto sebenarnya, NAMUN ia memberikan sentuhan editing dengan menggunakan Adobe Light untuk mencerahkan tampilan gunung. Itu gunung udah ternista banget rasanya, macam kena kamera Oppo jahanam. Gunung yang tadinya gagah dengan kemisteriusannya yang hanya tampak samar-samar, berubah seolah tempat kanak-kanak main perosotan pasir.
Demi menyelamatkan muka, si pembuat foto lantas menyalahkan fotografer senior yang dianggap mencoreng namanya. Karirnya (??) tercemar, sementara ia baru saja MEMULAI BELAJAR FOTO LEWAT YOUTUBE, sebagaimana ia sebutkan berikut ini dan dikutip dari https://www.google.com/.../ari-wibisono-bantah-tuduhan...
-------------------------
"Ini (tudingan Arbain) bikin nama dan karier saya tercemar banget. Saya tuh mulai dunia foto baru-baru ini belajar lewat YouTube. Saya enggak mampu buat kursus, otodidak,” tambah Ari.
-------------------------
Melihat pernyataan si pembuat foto yang saling membuktikan bahwa pernyataannya hanya dalih, saya pikir ia bisa mulai belajar lebih giat dalam dunia fotografi, mempertahankan konsistensi dan kejujuran, serta jangan tergiur popularitas instan apalagi bila ada iming-iming dana untuk memproduksi suatu konten yang tidak benar.
Sumber : Status Facebook Reno Risanti Amalia
Saturday, February 20, 2021 - 12:00
Kategori Rubrik: