Covid-19 Bukan Aib

Oleh: Sunandi

 

Perawat, dokter, dan tenaga medis lainnya memiliki resiko sangat tinggi terpapar covid-19. Ketika seorang pasien berbohong mengenai riwayat sakit dan perjalanan terakhirnya, ada kemungkinan besar ia akan menularkan covid-19 kepada nakes.

Efek lanjutannya ketika nakes terpapar maka mereka tidak bisa bekerja secara optimal. Di tengah kondisi wabah, tanpa terpapar viruspun mereka sudah mengalami kelelahan yang sangat karena arus kerja yang lebih dari biasanya. Bahkan jam untuk istirahatpun bisa terpangkas. 

 

Kesulitan APD membuat mereka seperti maju perang tanpa topi baja. Kapanpun mereka bisa terpapar. Semakin banyak nakes terpapar, semakin sulit kita melawan wabah ini. 

Ada kasus perawat terpapar covid-19 dan menjadi PDP dikarenakan pasien yang tidak jujur sejak awal mengenai riwayat perjalanannya ke luar negeri. Maka dari itu wajar jika foto ini kemudian meminta kalian jujur tentang riwayat perjalanan dan kesehatan kalian.

Terkena covid-19 bukanlah aib yang harus disembunyikan. Riwayat perjalanan kalian bukanlah sesuatu yg harus ditutupi. Tak perlu malu menceritakan anda baru mengunjungi negara mana, acara apa, dll. Itu membantu nakes untuk meminimalisir penularan virus.

Please...bantu nakes dengan kejujuran anda sebagai pasien.

 

(Sumber: Facebook Sunandi)

Sunday, March 22, 2020 - 22:00
Kategori Rubrik: