Contoh Deklarasi yang Terpuji

Oleh: Wahyu Sutono

Sebenarnya deklarasi apapun bila niatnya baik, tentu saja akan disambut baik pula oleh masyarakat luas, seperti halnya yang terlaksana di Jawa Tengah.
1. Dilakukan dengan mematuhi 'Protokol Kesehatan,' yakni semua yang hadir diperiksa terlebih dahulu, lalu semua peserta mengenakan masker, dan berada pada posisi yang saling menjaga jarak.

2. Tidak mengundang masyarakat umum, apalagi hingga diiming-imingi uang recehan yang sehari saja habis, namun risikonya luar biasa besar, karena berpotensi memunculkan klaster baru Covid-19.
3. Dihadiri oleh para pejabat Tripartit yang memiliki kewenangan atas daerah tersebut, serta para ulama yang mumpuni, dus bukan ulama jadi-jadian atau ustadz dadakan.
4. Tujuannya jelas, yakni merajut 4 pilar kebangsaan: Pancasila, UUD45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, serta menjaganya dari ancaman polarisasi, radikalisme, terorisme, kekerasan, intoleransi, serta faham dan ideologi asing dari mana pun juga.
5. Semua yang hadir menyepakati untuk 'Setia' pada 4 pilar kebangsaan, serta siap bahu membahu untuk meningkatkan keamanan daerahnya masing-masing, termasuk dalam hal pencegahan makin menyebarnya Covid-19.
Salam NKRI Gemilang

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

Thursday, September 10, 2020 - 22:15
Kategori Rubrik: