CNN Malah Beritakan Hal yang Unfaedah

ilustrasi

Oleh : Jonminofri Nazir

CNN tidak pantas memuat berita semacam ini. Mereka seperti kehilangan akal untuk mencari pelanggan. Berita semacam ini menunjukkan CNN tidak peduli pada isu besar yang tengah melanda dunia saat ini.

1. FPI adalah organisasi massa, yang bukan bergerak di bidang kesehatan. Jadi, mereka tidak punya kompetensi untuk menilai dan memberi saran tentang penanganan Covid-19, apalagi meminta presiden dikarantina di pulau.

2. FPI itu memang eksis, tapi secara legalitas mereka tidak punya badan hukum. Reputasinya pun buruk. Jadi, CNN tidak bisa menjadikan mereka sebagai sumber berita yang kredibel. Jika CNN ingin memuat juga berita ini, mereka harus menambahkan informasi tentang FPI yang jelas agar CNN tidak dituduh sebagai media provokasi.

3. Jika ingin mencari sensasi, CNN harusnya memuat berita ini dengan seimbang (cover both side).

Di berita tersebut memang ada bantahan dari istana, bahwa Presiden sudah dites covid-19. Tetapi, mestinya CNN mewawancarai pengamat politik yang menegerti posisi FPI dalam perpolitikan Indonesia. Sebab, pernyataan FPI ini 100% soal politik, bukan soal kesehatan.

4. CNN tidak mempunyai kepedulian yang positif terhadap wabah Covid-19 ini. Sebab, berita yang ditulisnya tidak menumbuhkan rasa kebersamaan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi Covid-19, yang tak seorang pun tahu dengan pasti akan seperti apa virus ini membawa petaka bagi kemanusiaan di seluruh dunia.

6. CNN mestinya mempunyai kepekaan yang tajam. Mereka tidak seharusnya memuat berita tentang Covid-19 yang membuat orang cemas, apalagi sumber beritanya tidak jelas.

Sumber : Status Facebook Jonminofri Nazir

Wednesday, March 18, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: