Cerita Mantan Pelaku Bisnis MLM

ilustrasi

Oleh : Hitta Sari

Di Luar Faktor Syariah Apa yang Membuat Saya Meninggalkan MLM

Harus digaris bawahi tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya serius menjalankan MLM selama 5thn. Saya bukan sekedar ikut - ikutan atau coba - coba tapi bersungguh -sungguh menjalankan MLM sampai menjadi Top Leader, menjadi leader inti dengan bonus besar yang cerita suksesnya ada di majalah nasional.

Rumah bagus,mobil bagus,wisata ke luar negeri,umroh dengan fasilitas penerbangan dan hotel terbaik. Bukan untuk riya' hanya sebagai info bahwa saya bukan member MLM yang tidak paham sistem.

Mari kita kupas satu persatu apa yang dijual kepada calon member selain produk

1. MLM is my own busines, ini bisnis kita, perusahaan kita

Bohong banget ini.
Faktanya kita cuma busines partner yang tampak diperlakukan istimewa ( saya menikmati suite room hotel, penerbangan business class) tapi ditingkat kebijakan perusahaan kami inferior, terima jadi, protespun tidak diterima. Vocal sedikit, dianggap negatif, tiap saat ketika perusahaan tidak suka bisa determinated.

Jadi benarkah kami bisnis owner? Tidaaaak

2. Bisnis yang bisa diwariskan.

Kita membangun bisnis bukan hanya untuk kita tapi juga anak cucu kita itu sebabnya saya dulu mati2an kerja keras, nggak punya capek, ke luar kota, luar pulau jawa setiap hari karena berpikir ini bisnis jangka panjang.

FAKTANYA =
Tahun ke 4 saya jalan bisnis ini, ijin edar bermasalah pemerintah melarang peredaran produk kami, tidak ada penjualan, tidak ada bonus. Imbasnya kepercayaan masyarakat turun. Bagaimana mau diwariskan? Untuk hidup saja sesak nafas .

FAKTANYA LAGI =

Tidak banyak MLM yang bertahan stabil omset di masa keemasannya.Artinya, apakah masih sebanyak dulu omsetnya? Apakah member masih berbonus besar seperti dulu? Apakah beneran bisa diwariskan.

Di Indonesia adakah yang bertahan besar terus?

3. Black Market/Cutting Price

Sudah bukan rahasia jika produk MLM ada di Pasar Bebas dengan harga jauh lebih murah daripada harga member.

Contoh = pembalut yang saya jual saat itu harga member 24rb, harga konsumen 28rb mulut manis kami mengajarkan member akan mendapat keuntungan 4rb/bks dari ritel. Jadi kalau mau dapat uang 100rb/hari cukup jual 25 bungkus/hari.

FAKTANYA =
Di toko herbal dijual 18rb, sekarang bahkan di toko-toko online bebas ongkos kirim dijual 21rb-an.

Dari mana mereka dapat barang? Ya dari perusahaan lha wong itu original hehe. Perusahaan tau persis ada harga dan barang itu. Kami cuma dinyamankan dengan kata - kata bahwa jumlah barang di pasar gelap jauh lebih sedikit dibanding omset yang tercipta di jaringan ( padahal kami juga tidak pernah diberitau berapa omset persisnya).

Jadi kami yang presentasi sampai tingkat RT, dasawisma menciptakan pasar. Blusukan ke mana2, sehari berkali2 presentasi sampai s uara serak. Ya saya sering sekali suara serak karena banyak presentasi. Kemudian ketika permintaan dan pasar tercipta mereka secara manusiawi akan mencari dan belanja ke tempat yang lebih murah yang tidak masuk akal dan tidak bisa kami layani hemmmm saat itulah kami merasa " Gobloknya tuh disini " nunjuk diri sendiri.

Dan itu nggak cuma di MLM saya tapi buanyaaaaak MLM.

4. Bisnis Modal Kecil, Resiko Kecil, Hasil Besar.

Bisa ya bisa tidak. Bisa jika kita cuma bayar uang pendaftaran member, saya 60 rb selanjutnya barang untuk jualan dipinjami upline.

FAKTANYA =
banyak yang jadi punya utang untuk modal dari yang kecil sampai besar. Dulu upline saya dan saya duplikasi ngajari mulai bisnis ini dengan menggadaikan BPKB motor uangnya dipakai untuk modal. Banyak yang mengeluh akhirnya ke saya kalau modalnya utang. Saat - saat tertentu ada promo dan sekali lagi kemudian ramai - ramai hutang untuk beli barang promo. Leader atas punya kesempatan punya stokis modalnya 500-an jt hutang lagi, semakin tinggi peringkat semakin banyak hutang hihi itu saya ya yang lain tidak ( ditimpuk pembalut bekas mampus ni) . Tapi upline saya gitu juga utangnya banyak saat itu.

5. Menjual impian lebih sering daripada menjual barang.

FAKTA =

Dulu kami ada beberapa acara yaitu Seminar Kesehatan Reproduksi Wanita ada 3 sesi acara penjelasan tentang produk hanya 30% selebihnya penjelasan tentang karir dan membangun impian.

Tingkat berikutnya ada acara khusus member biasa untuk member baru yang dibahas apa itu MLM, sejarah MLM, bagaimana memulai bisnis MLM dan sekali lagi buat dan isi buku impian.

Apa itu buku impian ?
Buku itu berisi target pencapaian terukur sesuatu yang akan kita capai kurun waktu tertentu.

Contoh =

Juni 2019 beli mobil Fortuner type G harga 500 jt warna hitam

Ada yang salah? Tidak, nggak dosa kok bikin impian tapi ketika itu terus menerus diteriakan maka kita akan lebih banyak jualan mimpi daripada jualan produk.

6. Pamer Kekayaan

Tidak semua ya, ini saya sekali lagi saya bukan yang lain.

Awal saya naik peringkat Gold Manager saat itu bonus 8,7jt saya ditelpon Leader upline 2 level di atas saya untuk beli Blackberry ( saat itu lagi ngetren) nggak salah sih maksudnya mungkin agar kerja dan koordinasi menjadi mudah. Saat itu berat sebenarnya bonus baru sekali 8jt beli BB yg biasa 3jt. Kemudian ini terduplikasi banyak yang beli BB dengan hutang duh.

Saat saya naik level Diamond Manager bonus 20-30 jt saya satu - satuny leader di jaringan upline saya Diamond mobilnya masih Panther 2001, saya dirayu2 segera beli dengan suka cita saya kredit hahaha begonya saya . Dan di setiap majalah yang memuat succes story saya selalu ada foto mobil itu . Foto saya dan mobil itu juga dipasang di semua center/ stokis se Indonesia.

Apakah semua leader MLM membeli dengan kredit? Saya yakin tidak, tapi just info upline saya yang bonusnya sudah ratusan juta saat itu beli rumah, mobil kredit juga. Bukan membuka aib ya upline, maafkeun ini pegakuan biar tidak banyak diduplikasi dan dosa yang harus dipertanggungjawabkan di akhirat.

Tulisan ini pasti akan dibantah pelaku MLM hehe silakan saya maklum kok karena saya dulu juga habis - habisan membantah dengan hujjah dalil pembenaran bukan kebenaran.

Salah pilih MLM sih. Sekali lagi, saya sudah bedah puluhan MLM termasuk yang berlabel halal kesimpulan teringan syubhat,jadi lebih aman ditinggalkan.

Wallahuta'ala alam bi showab.

Sudah segini dulu bersambung jika ada yang mau.

Hittasari
Simbok Warung Kemepyar Kebumen

Sumber : Postingan Hitta Sari pada group FB Komunitas Bisnis Menulis

Tuesday, November 19, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: