Cerita Dibalik Umroh Presiden

ilustrasi

Oleh : Irfan Nurudin

Dalam perjalanan umroh dengan Presiden kemaren Gus Kareem, selalu menyempatkan untuk menjapri aku, mengirimkan foto-foto beliau di setiap kesempatan. Aku hanya bisa membalas, "Mabruk Yai". Dengan hati meleleh. Begitu beruntungnya beliau bisa masuk ka'bah dan sholat menghadap ke empat penjuru. Dan kisah beliau masuk makam Rosulululloh, yang sama sekali tidak direncanakan sebelumnya. "Gandol sarunge presiden Gus" jawab Gus Kareem merendah. Ladalah... Kalo aku sih pake kaidah; setiap anugrah itu karena amalnya, al'ajru biqodri ta'ab, gitulah boso pesantrene.

Gus Kareem menceritakan keadaan di dalam makam Rosululloh, baunya sangat harum, banyak kelambu-kelambu. Sambil menyitir kasidah:
عـطـِّـر الـلـهـمّ قـَـبْـرَهُ الـكـَـريـم 
بـعَـرْفٍ شـذِيٍّ مِـن صَـلاَةٍ و تـَسـلِـيـم 
الـلـهـمّ صـلِّ و سـلـِّم و بـارك علـيـه

"Cuma ketika berdoa, kami tidak diperbolehkan menghadap makam Rosululloh" cerita Gus Kareem, "Mungkin maksud mereka, kalo berdoa kepada Alloh, langsung minta kepada Alloh. Tidak usah bertawassul lewat Rosululloh." Wallohu'alam.

Menurut Dubes RI untuk Saudi, Agus Maftuh Abi Gebreil, bahwa penghormatan dipersilahkan bisa masuk makam Rosulululloh adalah hal yang sangat langka, dari 100 tamu kehormatan kerajaan mungkin hanya satu yang mendapat kesempatan tersebut. Dan Pak Jokowi mendapat kehormatan tersebut tanpa disangka-sangka, tanpa meminta, apalagi maksa-maksa, berjalan begitu saja.

Masih menurut Dubes RI bentuk penghormatan lainnya yang sangat luar biasa adalah Raja Salman sendiri yang menyambut Presiden Jokowi di halaman istana.

Cerita lain yang dituturkan oleh Gus Kariim adalah Pak Jokowi lebih banyak diam menunduk dan hanya sedikit berdoa, dan doanya hanya selalu mendoakan demi kesejahteraan Indonesia, keselamatan Indonesia, tidak pernah berdoa untuk kemenangan dirinya. Dan selama dalam perjalanan umroh itu tidak pernah sekalipun membicarakan masalah politik. Semuanya dilakukan cepat dan khusuk. "Tidak ada waktu leyeh-leyeh, atau pelesir, jadi gak ada kesempatan belanja oleh-oleh Gus, oleh-olehnya hanya cerita" . "Luar biasa fisik Pak Jokowi, yang mengikuti saja keteteran", ujar Gus Kareem.

Sumber : Status Facebook Irfan Nurudin

Wednesday, April 17, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: