Cara Menggunakan Otak yang Benar Saat Pandemi

ilustrasi

Oleh : Nurul Indra

Sebetulnya, masyarakat ga butuh penjelasan soal status dokter Erta ini. Buat masyarakat itu yang penting edukasi cara menjaga imun tubuh, apa yang harus dilakukan jika merasakan gejala, bagaimana bertahan hidup saat PSBB, termasuk memenuhi kebutuhan cicilan.

Bukan tontonan dokter yang menyerang sejawatnya kayak gini.

Tapi, gw pikir serangan dokter erta ke dokter agni ini perlu ditanggapi. Paling gak, agar masyarakat ikut belajar bagaimana seharusnya kita menggunakan otak kita.

Untuk menjadi cerdas, gak harus menyandang gelar dokter.

1. Dokter erta menyebut yang tertular terus meningkat karena masyarakat abai terhadap protokol kesehatan. Ini disebut asumsi. Kenapa? Karena dokter erta tidak melampirkan bukti hubungan abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan dg penularan Covid di Jakarta. Apa sudah ada penelitiannya? Selain itu, apa dia juga punya bukti soal warga DKI yg abai terhadap protokol? Bisa sebutkan angkanya?

Berpendapat dan menilai itu harus pakai bukti, berdasarkan fakta. Bukan asumsi saja.

2. Dokter erta menyebut, RS penuh. Apa dia bisasebutkan jumlah pasien covid bergejala sedang (butuh perawatan khusus) di setiap RS itu? Jika dia sebut ICU, apa dia bisa bandingkan jumlah pasien di ICU pada tahun2 sebelumnya?

3. Dokter erta bilang, dia dan nakes lain tidak menjual ketakutan. Dokter erta kenapa merasa, padahal di stataus dokter agni yang dia capture itu gak ada sebut nakes, apalagi nama dia.

4. Dokter Erta sebut Covid 19 berbahaya. Apa dasarnya? Angka surveilans? Apa dia sudah pelajari desain surveilansnya? Bahayanya dilihat dari angka penularan atau angka kematian? Kalau karena penularan, panu juga menular. Apa bahaya? Jika angka kematian, apa dokter erta bisa merinci, jumlah yg meninggak dg covid, jumlah yg meninggal karena covid dg penyakit penyerta, dan jumlah yg meninggal krn murni covid. Apa dokter Erta juga sudah punya hasil pembuktian postulat Koch pada virus Sarscov2 yang benar-benar murni tanpa kontaminan?

Demikian tanggapan ala kadarnya dr gw, selamat menggunakan otak dengan benar.

Sumber : Status Facebook Nurul Indra

Thursday, September 17, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: