Cara Berpikir Orang Bijak

ilustrasi

Oleh : Abdul Wahab Ahmad

- Murid anda ada yang berakhlak buruk terhadap anda dan ada juga yang sengaja mengabaikan perintah anda bahkan meremehkan anda. Bukankah sebab itu mereka nanti ilmunya tidak berkah?

+ Ya, ilmu mereka tidak akan berkah bila saya sebagai gurunya tidak ridha. Karena itu saya ridha terhadap mereka supaya ilmu mereka bisa tetap berkah nanti. Kalau ilmu mereka berkah, nanti mereka akan jadi ladang pahala bagi saya. Kalau tak berkah, apalah gunanya saya mengajar mereka?

- Istri anda juga pernah membangkang pada perintah anda, pernah menggunjing anda di belakang, pernah menolak diajak berhubungan tanpa ada uzur, bukankah itu menyebabkan istri anda dilaknat malaikat dan menanggung dosa besar nanti di akhirat?

+ Ya betul, itu bisa terjadi bila saya sebagai suaminya tak ridha. Karena itu maka saya ridha terhadap semua perbuatannya agar dia tidak menanggung dosa dan laknat. Masak saya tega membuat istri saya masuk neraka hanya karena hal itu sedangkan saya tahu banyak sekali yang telah dia lakukan untuk saya dan anak-anak saya? Saya sangat ridha dan tak mau mempermasalahkannya di pengadilan Tuhan nanti supaya kami sekeluarga bisa berkumpul di surga.

- Tetangga anda jahat terhadap anda, bukankah anda berhak membalas kejahatan mereka?

+ Ya, saya berhak membalas, tapi saya memilih berdamai bila memungkinkan. Lebih enak hidup damai dengan tetangga daripada balas-membalas kejahatan. Siapa pun yang menang tetap tak enak sebab akan tetap hidup berdampingan.

Sumber : Status facebook Abdul Wahab Ahmad

Sunday, July 5, 2020 - 11:45
Kategori Rubrik: