Calon Kapolri Baru

Ilustrasi

Oleh : Agoes Ibrahim

Sebentar lagi Kapolri Jend Idham Aziz akan memasuki masa pensiun..
Ada 7 calon penggantinya.. Dan yang paling menonjol adalah Komjen Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim.

Selain masih muda, cerdas dan prestasinya cemerlang, LSP juga dekat dengan Jokowi karena pernah menjadi ajudan presiden Jokowi dan pernah menjadi Kapolresta Solo ketika Jokowi menjabat sebagai Walikota.
Jadi mereka berdua sudah saling mengenal luar dalam.

Tapi ada tembok tebal yang menghadang karir LSP untuk menjadi orang nomor 1 di Polri yakni soal AGAMA.
Saat diangkat menjadi Kapolda Banten, LSP mendapat tentangan hebat dari kalangan ulama. Bahkan mereka menandatangi surat penolakan LSP yang ditujukan ke Kapolri. Banten terkenal sebagai daerah relijius islam... susah seorang non muslim menduduki jabatan penting di daerah tersebut.
Namun LSP luarbiasa sabar dan rendah hati.. hampir setiap hari dia sowan ke pondok-pondok pesantren sambil berjanji memberikan jaminan keamanan di tanah para jawara...
Dan terbukti lambat laun tingkat kriminalitas di provinsi Banten terus menerus menurun...
Para kyai dan pimpinan ponpes sangat puas dengan kinerjanya.

Pada saat tahun lalu terjadi pergantian jabatan Kabareskrim, 3.000 kyai dan ulama Banten membuat surat dukungan untuk LSP ke Kapolri dan Presiden. Mereka minta Presiden menunjuk LSP yang Kristen ini menjabat sebagai Kabareskrim... dan Presidenpun sepakat dengan permintaan para ulama Banten.

Sejak republik ini berdiri, baru ada 1 Kapolri yang beragama Kristen yakni Jend Widodo Budidarmo, saat era pak Harto.
Apakah LSP akan menjadi Kapolri beragama kristen yang ke dua ? Wallahualam..

Harapan kita semua, semoga presiden Jokowi memilih Kapolri dengan track record yang terbaik tanpa terpengaruh tekanan dari kaum intoleran dan radikal...

Sumber : Status Facebook Agoes Ibrahim

Saturday, November 28, 2020 - 19:00
Kategori Rubrik: