Bupati Bantul Mencla Mencle, Ijin Gereja Keluar Januari dan Dicabut Juli 2019

ilustrasi

Oleh : Monique Rijkers

Bupati Bantul ini lucu juga. Udah kasih izin IMB Gereja GPdI Sedayu pada 15 Januari 2019 tapi dibatalkan lagi pada bulan Juli. Dasar pencabutan IMB berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri 21 Maret 2006 nomor 9 dan 8 Tentang tata cara pendirian atau memproses IMB tempat ibadah. Pasal 28 menyebutkan apabila tempatnya ibadah didirikan sebelum 2006 dan secara nyata permanen digunakan terus-menerus maka pemerintah kabupaten dalam hal ini Bupati diminta memfasilitasi IMB. Pertimbangan mencakup empat unsur; satu bangunan sudah didirikan sebelum 2006, kedua sudah digunakan untuk tempat ibadah secara terus menerus permanen, ketiga bercirikan tempat ibadah, dan yang keempat memiliki nilai sejarah.

Nah unsur yang menyebabkan ditolak adalah sudah berdiri tapi tidak digunakan sebagai tempat ibadah terus menerus. Ini maksudnya apa ya? Apakah harus digunakan setiap hari sebagai bukti tempat ibadah? Dari info yang diberikan Pendeta, lahan di desa Sedayu dibeli tahun 2003 lalu dibangun rumah sekaligus tempat ibadah. Namun ia diminta tanda tangan tidak mendirikan gereja. Pendeta tanda tangan namun ibadah jalan terus di dalam rumah. Kan ngga boleh bangun gereja toh. Jumlah jemaat 50 orang.

Tahun 2016 ada pemutihan izin IMB, khusus Rumah Ibadah nomor 98 tahun 2016. Pendeta dapat izin 15 Januari 2019. Secara aturan, GPdI sudah mengikuti prosedur. Jika ada warga yang keberatan di desa itu ada gereja tentu ngga masuk akal. Jemaat Pentakosta itu beda denominasi dengan Gereja Kristen Jawa, Gereja Injili apalagi dengan Gereja Katolik. Jika tidak ada gereja Pentakosta, warga memang bisa ibadah di Jogya, misalnya tetapi ngga ada alasan sahih juga kan untuk menolak gereja yang ibadahnya dilakukan di dalam bukan di jalan, di lapangan atau alun-alun.

Bupati Bantul mempertontonkan arogansi kekuasaan. Keputusan yang dikeluarkan dipermainkan sendiri. Ibarat buang ludah lalu dijilat lagi. Bupati Bantul sebenarnya sudah mempermalukan diri sendiri.

https://regional.kompas.com/…/pemkab-bantul-batalkan-imb-ge….

https://regional.kompas.com/…/warga-dusun-di-bantul-tolak-p….

Indonesia udah merdeka berapa lama sih? Kok beribadah aja belum merdeka. Norak!

Sumber : Status Facebook Monique Rijkers

Friday, August 2, 2019 - 09:15
Kategori Rubrik: