Bukan Reklamasi tapi Perluasan Daratan

Oleh: Wahyu Sutono
 
Hallo... Assalamu'alaikum Bang...
Anies: Wa'alaikumsalam. Maaf saya bicara dengan siapa ya..
 
 
Wahyu: Saya Wahyu Bang..
Anies: Wahyu yang mana ya..
Wahyu: Wahyu Sutono Bang.. itu lo Bang orang yang suka nyinyir di medsos.
Anies: Oooo.. yang dulu suka kirim masukan untuk kebaikan ibu kota ya? Maaf ya saya belum sempat tanggapi. Tapi terima kasih lo. Terus sekarang ada apa lagi ya?
Wahyu: Cuma mau tanya aja Bang. Dulu kan waktu kampanye Abang bilang "Kalau Reklamasi Dilanjutkan, Banjir Semakin Besar. Tapi sekarang koq disebutnya reklamasi Ancol akan mengurangi dampak banjir?" Jadi yang benar yang mana ya Bang?
Anies: Begini ya Mas Wahyu. Sejak awal saya memang tegas menolak reklamasi. Jadi sampai sekarang pun belum berubah. Kalau yang di Ancol itu kan "Perluasan Daratan" yang mengambil sebagian dari pantai.
Wahyu: Kalau masih konsisten tolak reklamasi, berarti tidak ada perluasan daratan, dan nggak ada penerbitan IMB di Pulau Reklamasi dong.
Anies: Itu jelas berbeda dong Mas. Saya kan tidak melakukan reklamasi. Hanya sekedar mengeluarkan IMB. Sedangkan di Ancol hanya mengambil beberapa hektar dari lautan yang digunakan untuk perluasan daratan. Jelas ya..
Wahyu: Baaang... yang namanya "Tolak Reklamasi" itu artinya kan tidak ada perluasan daratan ke arah laut, berapa pun luasnya.
Anies: Jadi gini.. Mas Wahyu harus bisa bedakan antara "Menolak Reklamasi" dengan "Tidak Melakukan Reklamasi." Kita menolak reklamasi tapi bukan berarti "Kita Pasti Tidak Melakukan Reklamasi." Bisa saja tidak kita lakukan reklamasi, tapi bukan berarti pasti kita tidak lakukan reklamasi..
Wahyu: &%#&(?&_$;&
tuut.. tuut.. tuut.. tuut..
 
PS: Dialog di atas adalah wawancara imajiner
(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)
Monday, July 6, 2020 - 08:30
Kategori Rubrik: