Buat Seorang Habib Yang Minggat Ke Arab Saudi

Ilustrasi

Oleh : Eyang Judiarso

عَسَى اللّٰهُ اَنْ يَّجْعَلَ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ الَّذِيْنَ عَادَيْتُمْ مِّنْهُمْ مَّوَدَّةً ؕ وَاللّٰهُ قَدِيْرٌ ؕ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang di antara kamu dengan orang-orang yang pernah kamu musuhi di antara mereka. Allah Mahakuasa. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
(QS. Al-Mumtahanah: Ayat 7)

لَا يَنْهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيْنَ لَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ وَلَمْ يُخْرِجُوْكُمْ مِّنْ دِيَارِكُمْ اَنْ تَبَرُّوْهُمْ وَ تُقْسِطُوْۤا اِلَيْهِمْ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.
(QS. Al-Mumtahanah: Ayat 8)

اِنَّمَا يَنْهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيْنَ قَاتَلُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ وَاَخْرَجُوْكُمْ مِّنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوْا عَلٰٓى اِخْرَاجِكُمْ اَنْ تَوَلَّوْهُمْ ۚ وَمَنْ يَّتَوَلَّهُمْ فَاُولٰٓئِكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan mereka sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu dalam urusan agama dan mengusir kamu dari kampung halamanmu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, mereka itulah orang yang zalim.
(QS. Al-Mumtahanah: Ayat 9)

Jadi orang-orang termasuk non muslim yang tidak memerangi muslim dalam urusan agama dan tidak mengusir muslim dari kampung halamannya, atau membantu orang mengusir muslim boleh saja dijadikan teman oleh muslim.

Kalau kamu masih tdk sependapat sambil menyarankan untuk mempelajari asbabun nuzul (sebab2 diturunkan ayat tsb), boleh dong saya juga menyarankan kamu pahami juga asbabun nuzul ayat2 dalam konteks perang yg kamu pake untuk mengkafir2kan dan memusuhi non muslim. Dah tahu Ayat alquran begitu banyak kok yg dibaca cuma ayat yg isinya dalam konteks perang. Terang aja bawaannya benci melulu sama non muslim. Dikit2 ngaku bela islam, bela alquran. Pret, ah..

Baca lagi ayat itu. Ahok kamu suruh dipenjara karena kamu tuduh penista agama. Kamu sendiri penista agama kristen kenapa kabur? Kamu ga mau adil sama non muslim? Berarti kamu menganggap surat al-mumtahanah : 8 itu ga perlu kamu jadikan petunjuk? Bukankah itu sama saja kamu kafir thd ayat alquran? Coba baca lagi surat ini,

وَاِنْ طَآئِفَتٰنِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا ۚ فَاِنْۢ بَغَتْ اِحْدٰٮهُمَا عَلَى الْاُخْرٰى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتّٰى تَفِيْٓءَ اِلٰٓى اَمْرِ اللّٰهِ ۚ فَاِنْ فَآءَتْ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَاَقْسِطُوْا ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

Dan apabila ada dua golongan orang mukmin berperang, maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari keduanya berbuat zalim terhadap (golongan) yang lain, maka perangilah (golongan) yang berbuat zalim itu, sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah. Jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil, dan berlakulah adil. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.
[QS. Al-Hujurat: Ayat 9]

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْوَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.
[QS. Al-Hujurat: Ayat 10]

Apa yang kamu lakukan pas pilgub DKI kemarin? Ada muslim dukung Ahok ada juga yang anti Ahok lalu mereka berselisih. Apakah sebagai orang yang katanya ulama sekaligus imam besar umat islam lalu kamu mendamaikan 2 golongan muslim yg berselisih itu? Nggak, tuh. Muslim yg dukung Ahok kamu doakan yg jelek2. Sampai2 ada yang melarang mayatnya untuk disholatkan. Begitukah maksudnya sesama mukmin bersaudara? Mustinya ulama itu paham ayat alquran, bukan pura2 tidak paham atau menutup2i ayat yg seharusnya dijadikan pedoman. Paham ga kalau kamu suka teriak kofar-kafir tapi kamu sendiri kafir terhadap ayat alquran?

Sumber : Status Facebook Eyang Judiarso

Saturday, January 13, 2018 - 23:30
Kategori Rubrik: