Buah Simalakama Orba

Ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Cuitan Mbak Titiek tentang romantisme Orde Baru, mengundang petaka bagi Timses No 02, menjadi dilema berat bagi Mas Dahnil Anzar Simanjuntak, karena seharusnya tak ada yang membuka kotak pandora ini dari pihaknya.

Generasi kelahiran 1990an yang akan secara massif meramaikan Pemilu 2019 tak ayal kemudian justru mendapat sodoran fakta Orde Baru yang akan semakin membuat mereka paham praktek otoritarian yang membungkam kebebasan berpendapat, mengabaikan kemanusiaan demi stabilitas. Padahal mereka adalah ceruk besar yang potensial menjadi penentu kemenangan Pilpres esok.

Tak semua hal dalam Orde Baru itu buruk, banyak hal yang tentu baik. Namun karena lebih banyak masalah bangsa yang diakibatkan rezim Orde Baru, sehingga nyaris semua elemen masyarakat Indonesia bersepakat untuk menumbangkan Orde Baru, dengan Amien Rais sebagai salah satu tokoh yang gagah berani melawan rezim Soeharto.

Kengototan Mbak Titiek bicara tentang Orde Baru ini justru menguntungkan Jokowi. Sampai ada yang berjenaka, jangan-jangan Mbak Titiek itu anggota tim kampanye bayangan No 01.

Backfire effect akibat Mbak Titiek bicara Orde Baru, tidak kalah dahsyat ketimbang misalnya Direktur Logistik Timses No 02, Mas Aryo Dj, kita andaikan berkata "Dua menit aktivitas Anda di bilik rahasia (pencoblosan), akan menentukan nasib masa depan bangsa ini."

Dua hal yang kalau terjadi, pasti akan sangat memusingkan Mas Dahnil. Untung yang kedua belum kejadian.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Monday, November 19, 2018 - 00:00
Kategori Rubrik: