by

Bu Risma

Oleh: Muhammad Amin
 

Sambil nggrundel karena tidak ada menu rujak cingur dalam kunjungan Bu Risma ke San Francisco, saya ngobrol-ngobrol dengan Bu Risma sambil mengunyah makanan wisma Indonesia yang hampir sama setiap ada acara grin emotikon

Saya bilang ke Bu Risma, saatnya daerah mengepung kota, saatnya pemimpin daerah mengepung pusat, saatnya para pemimpin daerah memimpin dunia. Sebagaimana kata akademisi Harvard Benjamin Barber, pemimpin daerah yang terbukti bisa memimpin daerahnya secara sukses, layak untuk diajukan memimpin ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi dalam kasus Bu Risma, dia selayaknya menjadi setidaknya Gubernur Jawa Timur atau Menteri di Pemerintah pusat.

Tentu saya tidak semua setuju atas kebijakan Bu Risma, tapi dia merupakan salah satu pemimpin yang cukup berhasil dan berani, bahkan lebih berani dan lebih berhasil dibandingkan Ridwan Kamil. , setidaknya untuk saat ini. Lalu saya kejar Bu Risma dengan langkah-langkah pariwisata Surabaya sebagai destinasi belanja, karena secara budaya dan sejarah sebenarnya Surabaya kurang menjual, harusnya meniru langkah Kuala Lumpur. Bu Risma bilang langkah itu sudah dilakukan dan bahkan bisa mengalahkan Kuala Lumpur, klaim ini terus terang saya tidak percaya, Kuala Lumpur tetap destinasi belanja dan wisata yang jauh lebih baik dari Surabaya.

Daripada membuatnya klaim lebih lanjut, saya belokkan pembicaraan ke hal-hal yang ringan, Bu Risma bercerita tentang keluarganya, kedua anaknya yang sudah besar, dan berbagai hal ringan lain.

Secara umum, Bu Risma adalah pemimpin sukses, dan pemimpin seperti dia harus naik tanggung jawab. Sebagaimana Risma bisa menjadi gubernur Jawa Timur, Ridwan Kamil bisa menjadi gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi bisa menjadi gubernur Banten, dan beberapa pemimpin daerah lain yang bisa naik tanggung jawab.

Pemimpin yang baik harus menggantikan pemimpin yang kurang berprestasi, dan sebaiknya jangan diadukan dengan pemimpin yang berprestasi juga. Jadi mengadukan Ridwan atau Risma dengan Ahok itu tidak perlu, karena Jakarta sudah cukup bagus dibawah Ahok. Daerah-daerah yang tidak banyak perkembangan seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jogjakarta, dsb yang perlu dipimpin oleh pemimpin baru yang progresif.

Semoga jalan politik berpihak kepada Risma, Ahok, Ridwan Kamil, dsb untuk lebih berperan memajukan Indonesia. Musuh mereka banyak, tapi sebagaimana dalam buku If Mayors Rule The World, pemimpin daerah yang berprestasi adalah aset dunia yang perlu dikultivasi kehebatannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed