by

Brunei Negara Kaya Tak Semegah Qatar

Oleh : Andi Atthira

Dalam 20 tahun terakhir saya bolak balik ke Brunei, tidak banyak perubahan yang terjadi di negara ini. Brunei sepertinya tidak menyiapkan diri untuk menjadi negara sebesar Qatar atau Dubai, padahal hampir semua kebutuhan negara ini adalah import dari Malaysia, Singapura, Philippina dan Indonesia.

Jika minyak buminya habis, saya nggak tau Brunei akan jadi apa. Negara ini sama sekali tidak memiliki konsep untuk menjadi negara tujuan wisata. Semua orang yang datang hanya untuk bekerja. Dalam 15-20 tahun lagi, jika Brunei tetap seperti ini, kondisi negara bisa jadi berbalik, yang kaya hanya keluarga kerajaan dan kaki tangannya, selebihnya kehidupan masyarakat akan merosot.

Anehnya, sampai saat ini, pemerintah kerajaan Brunei sangat tertutup pada investasi asing, sehingga negara ini dalam hal pembangunan infrastruktur sudah jauh tertinggal oleh Vietnam, bahkan Laos dan Kamboja.

Jadi meskipun kaya raya, jangan membayangkan Brunei akan seperti Qatar atau Dubai. Kalau mau liat negara ini kaya, tidak perlu liat seluruh negara dan kehidupan warganya, cukup datang ke istana Nurul Iman, disitulah adanya kekayaan dan gelimang harta yang melebihi nilai negara itu sendiri.

Saya sedang menyusun tulisan, ‘Brunei Darussalam, the untold story’. Apa saya yang orang belum tahu tentang negara kecil di utara Kalimantan ini.***

Sumber : Status Facebook Andi Atthira

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed