Brunai Deal Beli Tank Buatan Indonesia

Oleh : Wahyu Sutono

Setelah Timor Leste yang sebelumnya sudah memesan, kini Brunei Darussalam sepakat membeli Tank Anoa dan senjata dari PT Pindad. Kesepakatan ini tercapai usai pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari Kamis, tanggal 3 Mei 2018.

Jokowi menjelaskan pemerintah juga menawarkan Brunei untuk membeli kapal dan pesawat terbang buatan Indonesia. Namun Hassanal Bolkiah menyatakan akan mempertimbangkannya. Tapi yang sudah jelas tadi adalah dengan PT Pindad untuk senjata dan tank Anoa, kata Jokowi di Gelanggang Olahraga Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta.

Usai Jokowi dan Hassanal Bolkiah bertemu di Istana Bogor, keduanya bertolak ke Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Di tempat ini keduanya menyaksikan demonstrasi latihan bersama prajurit TNI dan meninjau pameran alutsista. Kemudian keduanya bertanding badminton sebanyak satu set di GOR Ahmad Yani. Jokowi berujar pertandingan badminton ini bagian dari diplomasi lembut yang dilakukan Indonesia terhadap Brunei.

Jokowi sudah lama mengetahui jika Hassanal Bolkiah memiliki hobi badminton. Sebabnya dalam berbagai kesempatan ia kerap mengundang Hassanal Bolkiah untuk datang ke Indonesia dan bermain badminton bersama.

"Persahabatan antar negara ini tidak selalu dilakukan dalam sebuah forum yang formal saja, ada yang namanya soft diplomacy. Dan saya tahu Sultan Hassanal Bolkiah itu memang hobinya badminton," kata Jokowi.

"Salam NKRI Gemilang"

 

Sumber : Facebook Wahyu Sutono

Friday, May 4, 2018 - 11:45
Kategori Rubrik: