Bolehkah Berdoa dan Didoakan di Medsos?

ilustrasi

Oleh : Abdulloh faizin.

Tidak ada aturan tentang batas ruang dan waktu baik dunia nyata maupun di dunia maya /medsos yang membatasi kita berdoa dan meminta doa. Selama baik dan beraturan serta tidak keluar dari syariat. Hanya orang orang latah dan kurang piknik yang melarang dan membatasi ruang gerak doa dengan ketakutan yang tak bergumentatif dan berlebihan bahkan terkesan sok mewakili tuhan dengan segala larangannya.

Jikapun ada yang melarang karena kekhawatiran tidak ikhlas dan riya ingin dipuji dan lain sebagainya itu masalah hati dan tidak seorangpun tahu tahu tentang hati orang lain Hanya yang berdoa itu sendiri yang paham privasi hatinya sendiri. sakwa-sangka menghakimi pendoa itupun yang harus dihindari. Karena tidak ada otoritas apapun dari siapapun menghakimi kejiwaan pendoa dan mustajabahnya doa adalah kehendak Tuhan

Karena berdoa itu dilegetimasi Tuhan kapan waktunya dimana tempatnya dalam keadaan apa saja situasi dan kondisinya, menggunakan media apa saja. Selama tidak tidak merendahkan entitas doa. Walaupun ada juga tempat mustajabah yang kwarid dalam sebagian hadist namun tidak menafikan keterangan eksistensi doa di atas.

Begitu juga dimedsos ada kesempatan baik karena ada ruang umum yang bisa diakses doa bisa jawab dan di amini oleh siapapun.Dan itu positif bahkan bernilai sehingga menguatkan aura doan. Namun di sisi lain kita tidak boleh meninggalkan doa sendiri dan bersama.

Ngaji dimedsos secara virtual aja boleh apalagi doa. Kalau melarang doa berarti melarang semua, baik ngaji, dakwah, maupun sampa pada doa berita kematian dan lain lain.

Hidup jangan dibuat ruwet dengan larangan tak berarti. Biarkan mereka berdoa apalagi di medsos sah sah saja. Untuk mendasari doa tanpa ruang tanpa waktu silahkan baca!

Kesatu
Anjuran berdoa.
Surat Al-Baqarah Ayat 186
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
*Mana batasan larangannya?

Kedua.
Berdoa terus dalam hidup.

قالت عائشة رضي الله عنها: (كان النبي ﷺ يذكر الله على كل أحيانه)
Sayyidah Aisyah RA berkata nabi berdzikir disetiap kehidupannya.
Mana batas larangannya.?

Keriga
Berdoa tak terbatas waktu.

وَٱذْكُرِ ٱسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. (Al-Insan 76:25)
Mana batasan laranganya ?

Keempat
Doa setiap tempat baik
وبأنهم يكبرون الله على كل شرف
Dan mereka berdoa di semua tempat yang mulia......
*Mana batasan larangannya?

Kelima
Berdoa dalam suasana keadaan apapun.

ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ ......
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring......
* Mana batasan larangannya?
«الذين» نعت لما قبله أو بدل «يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم» مضطجعين أي في كل حال، وعن ابن عباس يصلون كذلك حسب الطاقة .
Doa dzikir i berbagai keadaab berdiri duduk tidur berbaring....
*Mana batasan larangannya?

Lalu bagaimana dengan meminta didoakan?

Rasulalloh menyampaikan permohonan doa kepada Sayyidina Umar saat akan umroh .....

Mengapa bisa terjadi padahal Rasululloh lebih tinggi derajatnya? Ini hanya mengingatkan penting meminta dari siapapun kepada siapapun tanpa memandang drajat...

حديث عمر بن الخطاب  قال: استأذنت النبي ﷺ في العمرة فأذن لي، وقال: لا تنسنا يا أُخيَّ من دعائك، فقال كلمةً ما يسرني أن لي بها الدنيا.
وفي رواية، وقال: أشركنا يا أُخيَّ في دعائك

أخرجه البخاري، باب إتيان مسجد قباء ماشيا وراكبا (2/ 61)، رقم: (1194).
أخرجه البخاري، باب من أتى مسجد قباء كل سبت (2/ 61)، رقم: (1193) .

Alhasil bolehlah kita berdoa dan meminta doa diruang waktu tempat keadaan yang tak terbatasi sekali lagi dengan cara dan aturan yang baik semoga berkah...

Sumber : Status Facebook Abdulloh Faizin

Monday, November 4, 2019 - 10:00
Kategori Rubrik: