Beriman dengan Rasa Takut

ilustrasi
Oleh : Jody Ananda
Seorang kawan curhat kepada Aa tentang kelakuan kawannya satu kantor, sebut saja bernama Fulan. Si Fulan ini adalah penganut madzhab baru, Monasliminiyyah, dengan bentuk tarekat baru : thawaf di Monas, melempar jumrah ke Istana, shalat di jalanan dst dst. Sesekali postingannya mampir di feed Aa, gagah dengan telunjuk ke atas dan mengibarkan bendera Tauhid. Ana sih gak ada urusan dengan hal itu.
Kawan itu curhat, "Masak Aa, pernah dia lembur sama saya sampai larut malam, pas kencing ke toilet, minta temenin. Dia bilang dia takut sama kuntilanak yang sering dia lihat di bawah tangga".
Aa terpaksa ngakak. Sebuah paradoks yang menggelikan:menampakkan tauhid yang seolah-olah paripurna, tapi masih ketakutan dengan barang ghaib semacam kuntilanak dan genderuwo. Apalagi kalau Aa ajak tiduran di kuburan tiga hari tiga malam, bisa kencing beneran di celana itu si Fulan...hahaha..
***
Guru Mursyid Aa suatu kali pernah berkata:"Kalau kau beriman dengan rasa takut, maka yang kau temui bukan TUHAN, tapi HANTU.
Cobalah kau zikirkan "TUHAN...TUHAN..TUHAN.." ribuan kali, jika yang kau dengar adalah kata "HANTU", maka kau beriman dengan rasa takut.
Namun, jika yang masuk ke dalam dirimu adalah bisikan lembut, tanpa huruf dan suara, namun kau menemukan kedamaian, ketenangan dan kepasrahan yang paripurna, maka itulah Sang Guru Sejati yang berbisik dan hadir dalam qalbumu."
Quran sendiri telah memberikan ciri iman yang benar, sebagaimana mereka yang disebut sebagai auliya' Allah (kekasih-kekasih Tuhan), pribadi-pribadi yang tercerahkan dari masa ke masa.
"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (Yunus:62)
Berimanlah dengan TUHAN, bukan kepada HANTU yang cuma memberikan perasaan takut, terancam, terzolimi dll kepada dirimu.

:"Ngalkamdulillah, tumben ana liat Aa Jojot posting pakai ayat. Ini tanda hidayah bil barokah"

+ Eh, emang cuma antum yang bisa baca ayat sama hadits? Sini ana fentung 69x!!
Sumber : Status Facebook Jody Ananda
Tuesday, January 19, 2021 - 08:45
Kategori Rubrik: