Berhati-hatilah dengan Takfiri

Oleh: Shamsi Ali
 

Di tengah dahsyatnya fitnah dan berbagai tuduhan kepada agama ini, justeru ada pihak-pihak dari dalam yang berperan besar menambah dan membesarkan fitnah dan tuduhan itu. Dari sekian perusak internal, salah satunya yang paling berbahaya, dan harus diwaspadai adalah kelompok "takfiri".

Untuk mengenal kelompok takfiri ini, ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan.

Ciri terutama tentunya, sesuai namanya, adalah gemar mengkafirkan sesama, yang karena satu dan lain hal berbeda pendapat. Selalu ingin benar sendiri dan cenderung memaksakan pendapat....Jika ada pendapat yang tidak sejalan dengan pendapatnya maka sangat muda mengkafirkan dan "me-nerakan-kan" pihak lain.

Kelompok ini juga gemar menebar fitnah, berita hoax, berita-berita rekayasa, informasi2 palsu untuk memecah belah dan mengadu domba antar sesama umat Islam, maupun antar umat beragama... aktif mengkampanyekan ajaran amarah dan menebar kebencian pd kelompok Islam yang berbeda dengannya di pengajian-pengajiannya.

Dan yang membuat mereka mudah dikenali... mereka tdk tahu berdiskusi dengan bahasa yang sopan... tidak pandai berargumen, andalannya adalah ungkapan2 kasar, hate speech, kata2 pelecehan dan penghinaan.... itu sebenarnya bisa dimaklumi karena memang mereka rata-rata cepat emosi, dangkal analisa dan pemikiran.

Yang terakhir, mereka itu bebal... meski menyadari kekeliruan, meski sudah dibuktikan informasi yang mereka share itu salah dan fitnah... mereka tetap busung dada tidak ingin mengakui kesalahan dan kembali sibuk mencari bahan2 fitnah baru...

Takfirisme bisa menjangkiti siapa saja, tidak kenal apapun agama dan mazhabnya...

Semoga Indonesia yang harusnya menjadi tempat yang nyaman bagi semua... apapun agama dan mazhabnya selama bisa menjungjung tinggi sipakatau dan sipakalebbi... tetap hidup aman, nyaman, damai dalam kesatuannya.

Berhati-hati!

 

(Sumber: Status Facebook Shamsi Ali Satu)

Wednesday, October 19, 2016 - 23:45
Kategori Rubrik: