Beratnya Tugas Pekerja di Faskes Selain Tenaga Kesehatan

ilustrasi

Oleh : Ria Ashriyah

Namanya Andi.
Bekerja seorang diri di ruang isolasi Covid 19, setiap hari, masuk pagi dan sore, selama 14 hari. Setelah itu isolasi mandiri 14 hari. Setelah 14 hari isolasi mandiri, masuk kerja lagi 14 hari.

Sendirian. Sendiri? Iya sendiri. Datang pagi, mengangkut semua sampah, menyapu dan mengepel lantai, membersihkan kamar mandi, merendam dan menjemur linen, boot, dan faceshield, membantu mengantar pakaian pasien atau barang titipan dari keluarga. Kadang membantu perawat transport pasien.
Siang istirahat sebentar, sore masuk lagi,memulai siklus kerja, malam pulang ke mess istirahat,besok pagi masuk lagi.

Tidak pernah sakit?
Pernah sekali dia sakit perut, tidak masuk. Siang itu sampah sisa kotak makanan menumpuk, sudut ruang ICU beraroma menusuk, karena maaf ada pasien yang selalu BAK di lantai, lantai kotor, belum kamar mandi. Alhamdulillah sorenya dia muncul,katanya udah merasa baikan, sudah bisa jalan gak keringat dingin lagi. Sebenarnya dia boleh tidak masuk hari itu, tapi dia mikir besoknya pasti lebih berat karena pekerjaan hari itu menumpuk.

Kenapa tidak cari teman? Sudah cari, nggak ada yang mau. RS sudah buka lowongan, gak ada yang daftar. Pernah ada temannya, gak sampai 1 hari,temannya melarikan diri gak balik. Gak kuat , kerjanya berat. 

Entah karena nyesak kerja pakai hazmat dengan double masker N95 dan masker bedah, atau karena ga kuat angkat cucian2 ke lantai 5 untuk dijemur.

Pernah 1 hari dia kerja ekstra 1 hari, karena tim CS back to back nya tidak masuk,hampir resign. Alhamdulillah tim yang satunya,dua orang wanita tangguh,tidak jadi resign jadi dia bisa libur keesokan harinya.
Kenapa dia bertahan? Cuma dia yang tahu. Yang pasti bukan hanya karena dia butuh penghasilan untuk menghidupi istri dan anaknya.

Andi sudah menjalankan perannya dengan baik di era Pandemi Covid-19 ini. Dia menjadi pahlawan tanpa dia sadari. Dan dia tidak peduli atau butuh penghargaan.

Bagaimana dengan anda? Apa peran anda? Apa yang sudah anda lakukan? Menghina nakes? Menyalahkan pemerintah? Menyebar hoax? Mengucilkan pasien Covid dan OTG? Menjadi relawan? Donasi untuk RS Covid Mandiri? Berdoa agar pandemi cepat selesai? Memakai masker? Menjaga jarak? Merawat pasien? Mengantar barang keperluan keluarga yang dirawat? Atau berjuang untuk sembuh dari penyakit ini?
Semua bisa bebas memilih perannya masing-masing. Dan insyaAllah masing2 kita akan mendapat ganjaran dari apa yang kita perbuat

Sumber : Status Facebook Ria Ashriyah

Thursday, July 9, 2020 - 09:15
Kategori Rubrik: