Bentengi Diri dengan Menjaga Kebudayaan dan Kesenian Lokal

Oleh : Sumanto Al Qurtuby

Para jama'ah Facebook, mari kita rawat, jaga, dan uri-uri produk-produk kebudayaan dan kesenian lokal di Indonesia jangan sampai suatu hari nanti lenyap gara-gara ulah sejumlah kelompok agamis-moralis-puritan yang sering mengatasnamakan ini-itu untuk kepentingan ini-itu. Jangan sampai anak-cucu kita kelak kehilangan warisan sejarah dan tradisi Nusantara yang kaya-raya hanya demi memenuhi ambisi dan arogansi sejumput kelompok agama "tengil" yang hobi merusak dan menghancurkan khazanah kultur lokal.

Dimanapun saya berada, di Amerika atau Saudi, selera musiknya tetap sama: tembang/gending Jawa & campursari (kadang2 lagu2 Sunda & ndangdut). Mari kita rehat sejenak, hilangkan sejenak kesetresan, kepenatan, dan ketegangan. Tidak baik lo kalau hidup ini selalu tegang, meskipun kita lahir dari ketegangan he he.

Lagu "Tembang Kangen" ini silakan anda terjemahkan sendiri: kangen (rindu) kepada pemimpin yang adil, kangen kepada sosok tokoh agama yang lembut dan toleran, lebih jauh lagi kangen pada Indonesia yang damai tanpa kekerasan dan rukun tanpa hujatan dan caci-maki...** (ak)

Sumber tulisan : Facebook Sumanto Al Qurtuby

Sumber foto :kotajogya.com

Friday, March 25, 2016 - 09:45
Kategori Rubrik: