Bendera Tauhid dan DI/TII

ilustrasi

Oleh : Nun Alqolam

Belum tentu sesuatu yang baik untuk tujuan yang baik. Berapa banyak organisasi-organisasi yang perilakunya bertentangan dengan Islam namun pakai simbol-simbol Islam. Sepertinya sengaja memakai simbol-simbol Islam hanya untuk mengelabuhi umat Islam yang awam agama. Karena umat awam itu masih "mendewa-dewakan" simbol dan "menyembah" nama. Pola pikir mereka masih formalis simbolis. Sehingga jika dijebak dengan yang Islami, mereka mudah terkecoh. Dikiranya setiap yang mengibarkan simbol-simbol Islam, tulus membela Islam. Padahal ditangan politikus (peselancar) simbol-simbol Islam hanya digunakan sebagai mesin penggalang massa.

Bendera tauhid itu baik, di sisi lain misi HTI itu tidak baik. Karena tujuan utama HTI itu politik kekuasaan, merebut kekuasaan suatu negara dimanapun mereka tinggal dengan tuduhan negara yang bersangkutan tidak berideologi Islam. Untuk itu, bagi HTI, negara tersebut harus dirubah sistem dan ideologinya menjadi sistem dan ideologi Islam. Padahal ideologi Islam yang dimaksud, hakikatnya adalah ideologi khilafah ala HTI.

Untuk merubah sistem dan ideologi suatu negara maka jalan satu-satunya adalah menguasai negara dengan cara mengambil kekuasaan negara, bahkan dengan cara kudeta (bughot, makar) sekalipun.

Kesalahan HTI itu adalah sistem suatu negara, misal Indonesia, dianggap tidak sesuai dengan Islam. Dasar dan ideologi Pancasila dianggapnya toghut, demokrasi dikiranya sistem kafir, merah putih dianggap syirik, Garuda Pancasila dituduhnya berhala gepeng, NKRI dianggap pemecah belah kaum muslimin dan kesepakatan para founding father, muassis, bapak pendiri bangsa dianggapnya bertentangan dengan Islam.

Padahal dasar, azas dan ideologi Pancasila itu Islami. Semua sila adalah penjabaran dari dalil-dalil Alquran dan hadits. Isi dan filosofi UUD 1945 tidak ada yang bertentangan dengan Islam, NKRI berdasar dalil syar'i dan Bhineka Tunggal Ika itu sesuai dengan ajaran Islam.

Mereka menganggap bahwa yang diperjuangkan HTI itu adalah memperjuangkan Islam, hanya karena pakai simbol bendera tauhid, istilah khilafah, syariah. Padahal apa yang diperjuangkan HTI hanya demi kelompoknya, bukan demi Islam. Simbol-simbol Islam hanya dibuat trik pengecoh umat.

DI/TII juga pakai simbil bendera tauhid. Tapi apa yang dilakukan? Ternyata memberontak pada negara. Pun begitu dengan HTI. ISIS juga pakaii simbol bendera tauhid, padahal apa yang dilakukannya? Yaitu membantai umat Islam. Organisasi teroris Jabhat Nusra juga pakai bendera bendera tauhid.

Intinya, jangan terkecoh dengan simbol, jangan jadi orang penyembah nama dan jangan terlalu formalis simbolis. Tidak semua yang pakai bendera tauhid itu tulus membela Islam. Justru kebanyakan simbol-simbol Islami itu demibtujuan kelompok untuk mengecoh, supaya dikira seakan membela Islam. Padahal bukan.

Sumber : Status Facebook Nun Alqolam

Saturday, July 11, 2020 - 12:15
Kategori Rubrik: