Benarkan Perpres TKA Bermasalah?

Peraturan Presiden No 20/2018 mengenai Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) baru saja disahkan Presiden Jokowi. Sejumlah politisi langsung menuding bahwa aturan ini akan mengurangi kesempatan untuk pekerja lokal. Benarkah demikian?

Baca dengan tenang. Perpres 20/2018 secara tegas menyatakan bahwa perusahaan harus tetap mengutamakan pekerja Indonesa untuk semua jenis posisi dan jabatan. Jadi mengada-ngada jika peraturan ini disebut tidak melindungi tenaga kerja Indonesia.

 

 

Isi Perpres ini memang bertujuan untuk kemudahan proses perizinan secara administratif. Meski secara administratif dipermudah, TKA tetap tidak bisa sembarangan bekerja di Indonesia. Tidak semua posisi dan jabatan bisa diiisi para TKA. Pekerja asing ini pun harus yang berkeahlian khusus, yang belum banyak dikuasai pekerja dalam negeri (Pasal 4). 

Para TKA juga harus didampingi pekerja lokal (Pasal 26). Tenaga pendamping ini pun juga wajib diberikan pelatihan dan pendidikan agar kualifikasinya bisa sesuai dengan TKA. Tujuannya agar pekerja lokal bisa menyerap “keahlian khusus” tersebut. Sehingga, perlahan-lahan tenaga kerja Indonesia bisa menggantikan posisi TKA (Pasal 27).

Penyederhanaan perizinan ini juga sebagai bentuk usaha kemudahan berbisnis di Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lain. Sehingga dapat menarik investasi masuk ke dalam negeri. Investasi asing nyatanya memberi kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Pada 2017, total investasi asing di Indonesia hampir Rp 700 triliun atau 60 persen dari investasi. Investasi besar-besaran ini pada akhirnya justru dapat membuka lapangan kerja baru.

Aturan ini juga berprinsip memangkas birokrasi namun peraturan diperketat. Jangan salah, sanksi tegas sudah disiapkan jika pemberi kerja TKA dan TKA menyalahgunakan izin atau melanggar ketentuan penggunaan TKA. 

Justru Perpres 20/2018 sesuai dengan semangat reformasi birokrasi Presiden Jokowi. Jika memang bisa dipangkas jadi 3 poin aturan, buat apa dibuat 10 poin?! Kalau izin bisa dikeluarkan dalam 2 hari, buat apa dibuat 2 bulan?!

Baca naskah lengkap Perpres ini di sini:http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/Perpres-TKA.pdf

 
(Sumber: Fanpage PSI)
Friday, April 27, 2018 - 08:30
Kategori Rubrik: