Benarkah Banjir Kalsel Gara-Gara Penggundulan Hutan?

ilustrasi
Oleh : Dhani Irwanto
Luas daerah aliran Sungai Barito (DAS Barito) sampai di Pangkalan Lama adalah sekitar 5,0 juta hektar. Luas tutupan hutannya adalah sekitar 4,4 juta hektar, atau 87,4% dari luas DAS-nya. Berdasarkan data LAPAN, selama 10 tahun terakhir hutannya berkurang 129 ribu hektar, atau 2,6% dari luas DAS-nya, yang dianggap relatif kecil.
Apabila dilihat dari data diatas, secara hidrologi kondisi DAS Barito masih cukup bagus karena luas hutannya masih cukup tinggi. Tetapi kenapa terjadi banjir pada tanggal 12 dan 13 Januari 2021?
Dilihat dari data curah hujan, sebelum peristiwa banjir tersebut telah terjadi curah hujan yang cukup tinggi didalam DAS-nya selama sebulan lebih (lihat gambar), yang tertinggi sekitar minggu ketiga bulan Desember 2020. Hujan selama sebulan lebih ini dapat ditampung oleh DAS dan sungai-sungainya karena kondisinya yang relatif bagus.
 
Namun, rupanya kapasitas tampungan DAS dan sungai-sungainya hanya sampai sebesar itu sehingga curah hujan yang agak tinggi pada tanggal 12 dan 13 Januari 2021 tidak mampu untuk ditampung lagi, dan terjadilah banjir.
Sumber data penutupan hutan: JAXA/FnF; curah hujan: JAXA/GSMaP.
Sumber : Status Facebook Dhani Irwanto
Wednesday, January 20, 2021 - 09:15
Kategori Rubrik: