Belajar Tangani Covid dari India

ilustrasi

Oleh : Desrinda Syahfarin

Kemarin ditemukan hampir 98 ribu kasus baru covid di India, sepertinya akan melampaui total 5 juta kasus dalam beberapa hari ke depan.

Kok bisa banyak banget gitu? Ternyata hasil kerja keras tim medis di sana yang setiap hari kini mampu menyelesaikan 1 juta tes setiap hari.

https://www.aljazeera.com/…/explains-surge-coronavirus-numb…

Indonesia masih kedodoran di 3T. TEST people to uncover the virus; TRACK how and where the virus is spreading; TRACE people who may be infected.

Jumlah tes harian masih hanya 20 ribuan bahkan kurang, harusnya menurut standar WHO (1000 tes per sejuta orang setiap minggu) dengan populasi 270 juta orang ini diselesaikan 270 ribu tes per minggu atau 38 ribu tes per hari (Presiden Jokowi meminta minimal 30 ribu sehari).

Belajar dari India, paling penting meningkatkan jumlah tes yang diselesaikan setiap hari dan penerapan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) ketimbang PSBB. Penutupan tempat usaha berarti orang-orang nggak bisa kerja, ekonomi ambruk lagi, hanya karena aparat Pemprov DKI terlalu malas mengawasi warga dan pelaku usaha.

Memangnya kalau PSBB lalu penyebaran covid akan berkurang? Belajar yuk ke India, terbukti lockdown hanya membuat warga miskin yang kehilangan pekerjaan malah jadi spreader karena mereka berbondong-bondong balik kampung dari kota-kota besar.

Nggak perlu PSBB kalau Satpol PP dan ASN Pemprov DKI yang saya gaji itu semuanya kerja keras mengawasi seluruh warga dan pelaku usaha menerapkan protokol kesehatan. Kalau malas kerja sih ya gampang, tutup aja pasar, mall, salon dll biar nggak ada yang harus diawasi, mereka yang harus kerja buat rakyat malah ngadem di rumah masing-masing.

Berat memang jadi abdi rakyat, kalian yang berkantor di Balaikota (termasuk ente, Wan!) itu bukan kasta terhormat yang ditakuti sebagai kaum bangsawan. Tapi kalian adalah aparat yang memastikan kehidupan warga berjalan dengan tertib termasuk mencegah warga ndableg yang masih buang sampah sembarangan, nggak pake masker di tempat umum, bergerombol nggak jaga jarak di segala emperan dan trotoar jalan.

Kalian malas ngerjain pengawasan? Ya udah PSBB aja.

Sumber : Status Facebook Desrinda Syahfarin

 
Monday, September 14, 2020 - 08:45
Kategori Rubrik: