Basuki Hadimuljono, Pemimpin Tingkat 5

Ilustrasi

Oleh : Herry Tjahjono

Basuki Hadimuljono adalah pembantu 
Presiden Jokowi, sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan atau disingkat Menteri PUPR. Basuki sangat jarang muncul dalam pemberitaan, kecuali belakangan ketika sekali atau dua kali "nge band " dengan "Elek Yo Band."

Namun dia nyaris selalu hadir dalam berbagai proyek infrastruktur Jokowi. Tapi siapa yang pernah menyangka bahwa Basukilah sosok di balik beribu-ribu kilometer jalan baru di Papua,Sumatra, atau di manapun pelosok tanah air. Belum lagi waduk, jembatan dan berbagai proyek infrastruktur vital lainnya.

Dan jangan pernah lupa, Presiden Jokowi diakui sangat berhasil soal infrastruktur ini - dan jelas peran Basuki sangat signifikan di sini.

Soal "kerja-kerja-kerja", Basuki sama "gilanya" dengan Jokowi. Dan sifat lain yang mirip dari keduanya adalah "tak suka hiruk pikuk". Mereka bekerja, berkeringat dalam hening. Tak semua orang mampu mengimbangi ritme dan stamina kerja Jokowi. Dan Basuki salah satu yang sedikit itu.

Sederhana, tak suka menonjol. Basuki bukan tipe pemimpin emprit yang hanya bisa ribut bikin sakit telinga, sementara tugas tak ada yang beres. Dia diam, namun tajam membidik target kerja.

Saya jadi teringat terminologi "Pemimpin Tingkat 5" dari Jim Collins. Pemimpin tingkat 5 ini tipikal pemimpin yang tak suka publisitas, menjauhkan diri dari kepentingan pribadi. Mereka paradoks : sangat sederhana dengan ambisi yang sangat besar. Namun ambisi itu diarahkan pada kepentingan organisasi (dalam hal ini, negara, bangsa) - bukan dirinya sendiri.

Basuki nampaknya sudah menjejak dimensi pemimpin tingkat 5 ini (selain Jokowi). Andai saja Jokowi semakin banyak mempunyai menteri yang berdimensi pemimpin tingkat 5 seperti Basuki, maka ia akan mampu membangun Kabinet Kerja tahapan GREAT.

Semoga tahun 2019 nanti ia mempunyai banyak Basuki lain dalam jajaran kabinetnya.

Seperti halnya sang boss - Basuki adalah orang yang merajut karya di jalan sunyi. Dia juga rajawali, bukan emprit. God bless you pak Basuki...

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

Friday, January 5, 2018 - 16:30
Kategori Rubrik: