Bandara Wiriadinata, Kebanggaan Tasikmalaya

Oleh: Ricky Apriyansyah

 

Sejak 2017, Bandara Wiriadinata mulai dipergunakan untuk penerbangan sipil. Sungguh ini meruakan keputusan yang cerdas dari pemerintah mengingat mobilitas warga Tasikmalaya cukup tinggi. Demikian pula sebaliknya. Pada 2018, bandara tersebut direnovasi untuk dapat melayani penumpang lebih banyak. Renovasi yang dilakukan di antaranya runway diperpanjang dari 1.200 m menjadi 1.600 m, sehingga dapat didarati pesawat ukuran sedang dan gedung terminal menjadi 1.100m2. Pada Februari 2019, bandara dengan penampilan dan fasilitas baru diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Dengan terminal baru dan runway yang lebih panjang  400 meter, kini Bandara ini lebih layak dan pesawat-pesawat yang lebih besar bisa masuk. Tak hanya itu, dengan dibukanya Bandara Suriadinata untuk penerbangan komersil, kini jarak tempuh Jakarta-Tasikmalaya berkurang jauh dari 7-9 jam dengan jalan darat menjadi kurang dari 50 menit saja.

.

 

Kabar gembira bagi umat Islam, Bandara ini ke depannya bahkan direncanakan akan menjadi terminal haji dan umrah yang melayani jamaah dari daerah Jawa Barat bagian Timur. Ini benar-benar merupakan pencapaian dan persembahan pemerintahan Presiden Jokowi untuk masyarakat Jawa Barat, khususnya yang beragama Islam. Inilah bukti keberpihakan pemerintah terhadap pemeluk agama mayoritas di negeri ini.

Selain itu kehadiran Bandara ini juga diharapkan meningkatkan pariwisata domestik di daerah selatan Jawa Barat. Dengan adanya Bandara ini, efek domino juga akan dirasakan masyarakat setempat, dengan datangnya wisatawan-wisatawan yang tentu lebih bersemangat untuk mengunjungi daerah-daerah pantai Selatan Jawa Barat.

Sedikit demi sedikit, masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya pun akan merasakan kemajuan daerahnya. Tantangan bagi pelaku usaha pariwisata, agar membuat paket-paket pariwisata seperti wisata pantai selatan Jawa Barat.  Dengan demikian akan makin banyak orang mengunjungi Pantai Pangandaran, wisata Gunung Galunggung, Ciamis, Kota Garut dan  Kota Tasikmalaya sendiri. Bila banyak wisatawan datang menceritakan indahnya pantai selatan Jawa Barat, akan muncul keinginan wisatawan lainnya untuk turut berwisata mengunjungi Tasikmalaya dan sekitarnya via Bandara Wiriadinata. Ekonomi warga pun akan bergerak dan meningkat.

Warga Tasikmalaya dan sekitarnya patut bersyukur dan gembira dengan hadirnya Bandara Wiriadinata

Monday, March 11, 2019 - 16:00
Kategori Rubrik: