Bahaya Membaca Kitab/Medsos Tanpa Guru

ilustrasi

Oleh : Abdulloh Faizin

Di nukil dari Imam Abu Hayyan al-Andalusi, salah seorang Imam ahli Tafsir, penulis Tafsir al-Bahr al-Muhith ,dalam untaian bait-bait syair-nya menuliskan sebagai berikut:

ﻳَﻈُﻦُّ ﺍﻟﻐُﻤْﺮُ ﺃﻥّ ﺍﻟﻜُﺘْﺐَ ﺗَﻬْﺪِﻱْ# ﺃﺧَﺎ ﺟَﻬْﻞٍ ﻹﺩْﺭَﺍﻙِ ﺍﻟﻌُﻠُﻮْﻡِ
ﻭﻣَﺎ ﻳَﺪْﺭِﻱ ﺍﻟْﺠَﻬُﻮْﻝُ ﺑﺄﻥّ ﻓﻴْﻬَﺎ غوﺍﻣِﺾَ ﺣَﻴَّﺮَﺕْ ﻋَﻘْﻞَ ﺍﻟْﻔَﻬِﻴْﻢِ
ﺇﺫَﺍ ﺭُﻣْﺖَ ﺍﻟْﻌُﻠُﻮْﻡَ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺷَﻴْﺦٍ # ﺿَﻠَﻠْﺖَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺼّﺮَﺍﻁِ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ
ﻭَﺗَﺸْﺘَﺒِﻪُ ﺍﻷﻣُﻮْﺭُ ﻋَﻠﻴﻚَ ﺣَﺘي# ﺗَﺼِﻴْﺮَ ﺃﺿَﻞّ ﻣِﻦْ ..........

Orang lalai mengira bahwa kitab-kitab dapat memberikan petunjuk kepada orang bodoh
untuk meraih ilmu…”Padahal orang bodoh tidak tahubahwa dalam kitab-kitab tersebut ada banyak pemahaman-pemahaman sulit yang telah membingungkan orang yang pintar”.Jika engkau menginginkan (meraih) ilmu dengan tanpa guru maka engkau akan sesat dari jalam yang lurus”.Segala perkara akan menjadi rancu atas dirimu, hingga engkaubisa jadi lebih sesat dari orang yang bernama........

......... adalah seorang tabib (dokter) yang dalampraktek pengobatannya hanya
berdasar buku belaka. Suatu hari ia mendapati sebuah redaksi hadits berbunyi; “al-Habbah as- Sawda’ Syifa’ Likulli Da’” . Dia mendapati huruf ba’ pada kata al-habbah dengan dua titik; menjadi ya’ , karena kemungkinan salah cetak, maka ia membacanya menjadi al-Hayyah as-Sawda’ . Tentu maknanya berubah total, semula makna yang benar adalah“ Habbah Sawda’ (jintan hitam)adalah obat dari segala penyakit”, berubah drastis menjadi “Ular hitam adalah obat bagi segala penyakit”. Akibatnya, Dia telah membunuh banyak orang karena“kebodohannya”, mereka mati terkena bisa ular ganas yang ia anggapnya sebagai obat.

Bagi orang orang cerdas dia akan menarik diri dari dari kesalahan memuja literasi medsosnya, dan menjadikanya sebagai pembanding tidak lebih dari itu, kemudian tobat untuk kembali mencari hakekat keilmuanya menuju para guru gurunya atau orang orang yang dianggap mempunya sanad sampai Rasulullah.

Ahasil perlu pembimbing perlu murobbi perlu guru di setiap persoalan dan pengetahuan agar tidak menjadi bias dan tersesat karena kesalahan paham personalitas tanpa kwalitas.

Nderek Ulama
Sowan Ulama Mbah hasyim...

Sumber : Status Facebook Abdulloh Faizin

Wednesday, February 12, 2020 - 09:45
Kategori Rubrik: