by

Bahasa Minang Tidak Identik dengan Agama Islam

Kemajuan Buddha di Negeri Sribhoga (Sumatra tengah) tidak tanggung-tanggung. Ia menjadi poros Nalanda – Tibet – Swarnadwipa (Sumatra). I-Tsing (baca: I-Ching), biksu Cina yang ingin belajar ilmu Buddha ke Nalanda (India), justru akhirnya memutuskan belajar lebih dulu di Sribhoga selama 6 bulan.

Kemudian pulang dari Nalanda ia bertahun-tahun menetap di kerajaan Malayu atau Kedatuan Sriwijaya ini.

I-Tsing menukilkan bahwa di kerajaan ini terdapat seribu biksu yang menekuni semua mata pelajaran yang sama dengan Nalanda: mantik, tata bahasa, kesenian, ilmu pustaka, pengobatan, metafisika, dan filsafat.

Hampir empat abad kemudian, tahun 1012 seorang biksu terkenal dari India bernama Atisha Dipamkara Shrijnana (pangeran dari Kerajaan Sahor, Bangladesh sekarang) bersama 125 muridnya dan sekelompok pedagang dari Gujarat yang hendak mencari emas, mengarungi lautan selama 13 bulan dari India bagian timur menuju kerajaan Malayu untuk menemui gurunya yang paling ia sayangi bernama Serlingpa, Manusia dari Pulau Emas.

Selama 12 tahun ia bersama Guru Serlingpa yang diduga berlokasi di Kompleks Candi Muara Jambi sekarang. Pada 1025 ia berlayar pulang ke India.

Atisha tinggal selama 13 tahun di Tibet hingga wafat 1054. Ia guru Buddha terkenal karena menyatukan semua aliran Buddha dan mempengaruhi agama Buddha Tibet.

Serlingpa, guru Atisha, adalah guru Buddha yang berasal dari Sumatra.

Jadi, jangan heran, setelah masyarakat Sumatra menganut Islam, beberapa ritual atau simbol Buddha yang orang menyebutnya pengaruh Hindu, masih berlangsung bahkan hingga kini.

Berlimau dengan kembang, membakar kemenyan untuk dupa sebelum berdoa, memukul gong, memakai genta, berpantun-berseloka, dan (mungkin juga) duduk bersila. 

Caption:
(1) Kelapa muda, nyiur muda, dan bunga rampai di Candi (Biara) Muara Takus.
(2) Sebuah bangku di pohon yang rindang di halaman salah satu Candi (Biara) Muara Jambi.

Sumber : Status Facebook Syofiardi Bachyul Jb

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed