Bagi Saya Rugi Pilih Jokowi

ilustrasi

Oleh : Fahd Pahdefie

Bagi saya, rugi pilih Jokowi! Ketika saya mengungkapkan pilihan politik saya, hujatan dan cacian tak pernah berhenti mengalir. Bukan hanya pada saya pribadi, tetapi merambat juga kepada keluarga.

Bagi saya, rugi pilih Jokowi! Sebagai penulis, sebagian pembaca saya lari. Belasan ribu ‘followers’ kabur. Mereka yang pilihannya tak sama dengan saya, mengungkapkan kekecewaannya, bahkan tak sedikit yang mencibir juga menghardik.

Bagi saya, rugi pilih Jokowi! Mereka bilang, lebih baik saya netral saja, tak usah bersuara. Itu lebih aman bagi karir saya, baik sebagai seorang penulis maupun pebisnis: Buku-buku saya akan tetap laku dan digandrungi, usaha-usaha saya akan terus berjalan dan meraih simpati. Mereka ingin saya bungkam saja.

Bagi saya, rugi pilih Jokowi! Toh saya tak dapat apa-apa. Tak dipuji Jokowi, apalagi sampai dapat bayaran segala. Yang ada sebaliknya, saya kehilangan banyak hal! Materi, popularitas, simpati. Bahkan ada yang terang-terangan mengatakan muak pada saya, tak respek lagi pada saya, dan seterusnya.

Bagi saya, rugi besar pilih Jokowi! Tetapi saya sadar bahwa semua ini bukan tentang saya pribadi. Bukan tentang untung-rugi bagi saya sebagai individu. Buat saya, mendukung Jokowi adalah mendukung kerja dan prestasinya yang telah terbukti memajukan Indonesia—mensejahterakan masyarakat dan bangsa. Kepentingan saya, tentu sangat-sangat kecil, bahkan tak ada apa-apanya dibandingkan kepentingan Indonesia yang jauh lebih besar.

Bagi saya, jelas rugi pilih Jokowi! Tetapi saya tak bisa mengkhianati hati nurani. Maka meskipun semua hal buruk ini harus saya tanggung. Meskipun segala yang telah saya bangun harus runtuh. Meskipun banyak orang meninggalkan saya. Dengan bangga saya akan menanggung dan membayar semuanya. Toh rezeki tak akan tertukar, keberuntungan dan berkah tak akan salah arah.

Kalau Anda punya perasaan yang sama dengan saya. Kalau karena mendukung Jokowi Anda kerap dinyinyiri dan dibilang sekubu dengan si A atau B. Kalau Anda dihina karena sekolam sama si ini atau si itu. Senyum saja. Maafkan. Mulai hari ini, katakan bahwa Anda sekubu dengan saya. Bahwa kita, #BerdiriBersamaJokowi.

Tabik! Salam baik 

Sumber : Status Facebook FAHD PAHDEPIE

Saturday, March 2, 2019 - 22:15
Kategori Rubrik: