Baca Ini Sebelum Protes Kenaikan Tarif BPJS

ilustrasi

Oleh : Atmi Roseva

Coba dibaca dan dipahami baik-baik sebelum mengeluh.

Pemerintah memberikan subsidi Rp.16.500,- mulai Juli 2020 utk semua PBPU Kelas 3. Dan Rp.7.000,- pada tahun 2021. Syaratnya kepesertaan hrs dalam kondisi AKTIF. Artinya bukan buat para penunggak yaaa...tp mereka yg punya komitmen dan niatan baik, maka Pemerintah pun membalas dengan kebaikan.

Kenapa kok cuma kelas 3?

Iya, karena kelas 3 ini adalah mereka yg RENTAN jd miskin karena penghasilannya mungkin di bawah UMR.

Kalau yg SUDAH MISKIN --benar-benar miskin-- mestinya sdh ditanggung Pemerintah full 100% Rp.42.000,- melalui PBI. Merasa "benar-benar miskin" tapi belum menerima PBI? Lapor pada aparat RT/RW/Desa atau langsung ke Dinsos. Mereka yg punya kewajiban mendata dan memastikan MISKIN.

Kok dikeluarkan saat pandemi gini?

Gak ada hubungannya. Putusan MA memang harus ditindaklanjuti ada batas waktunya. Dan iuran bulan APRIL s.d MEI itu kembali ke sebelum Perpres 75/2019 yaitu sesuai pada Perpres 82/2018.

Merasa masuk golongan rentan miskin atau punya keinginan masuk kelompok yg "perlu disubsidi"? Ada waktu kok untuk menyesuaikan kelas rawat sesuai kemampuan. Tp jgn nanti pas dirawat trus pengen naik kelas yaaa...itu namanya "cheating". Ingat tangan di atas jauh lbh baik daripada tangan di bawah.

Trus kelas 1 dan kelas 2 bagaimana?

Carikan saya premi asuransi kesehatan swasta TANPA PLAFON dengan tanggungan s.d cuci darah, kanker, dan jantung yg preminya sama dengan ini. Yuk, kita liat detail dan klausul-klausulnya.

Mengeluh itu mudah. Marah itu mudah. Membuat pernyataan dan kebijakan populis itu mudah. Sekedar mencari simpati dan pencitraan itu mudah.

Tapi melihat akar masalah dan penyelesaian akar masalah yang memperhitungkan dampak jangka panjang sama sekali tidak mudah.

Kalau penanganan pandemi Corona adalah lari maraton, yg bisa bertahan paling lama lah yg akan menang...ini kurang lbh sama, dengan jarak tempuh ratusan kali lipatnya.

#terimakasihKemkeu
#terimakasihKemkes
#terimakasihBuSriMulyani
#terimakasihPakJokowi

Sumber : Status Facebook Atmi Roseva

Saturday, May 16, 2020 - 13:30
Kategori Rubrik: