Awas, Gerakan Islam Transnasional di Indonesia

Ilustrasi
Oleh : Iman Fauzan
 
Ilusi Negara Islam - Buku ini dieditori oleh KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab kita sapa dengan sebutan Gus Dur. Buku ini berjudul lengkap “Ilusi Negara Islam – Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia” yang diterbitkan pertama kali pada April 2009.
 
Buku ini sepertinya dikerjakan secara urunan oleh beberapa peneliti yang tergabung dalam Gerakan Bhineka Tunggal Ika, the Wahid Institute, dan Maarif Institute dimana ketiga lembaga ini terkenal sebagai lembaga yang memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan, NKRI, perjuangan terhadap Hak Azasi Manusia, dan nilai-nilai pluralisme di Indonesia.
 
Buku ini, saya masukkan sebagai salah satu buku “berani”. Kenapa saya sebut demikian?
Karena buku ini adalah sebuah buku yang menelanjangi gerakan-gerakan Islam radikal yang bersifat transnasional yang menyusup disetiap sendi bangsa ini, mulai dari institusi paling kecil seperti masjid-masjid di daerah, institusi pendidikan yang paling rendah sampai tertinggi, dan lembaga pemerintahan yang merumuskan perda-perda syariah diberbagai daerah. 
 
Selain itu, buku ini juga sangat berani dalam membuka identitas dan nama secara gamblang dalam setiap pergerakan Islam transnasional itu. Buku ini tidak segan menyebut nama-nama organisasi “beken” di bangsa ini seperti FPI, HTI, dan PKS sebagai agen-agen gerakan Islam radikal.
 
Buku ini wajib dibaca karena bisa memberikan wawasan dan cara pandang baru dalam membaca peta politik dan kehidupan sosio religious di Indonesia sekarang ini. 
 
Walau ditulis pada tahun 2009, tapi isi dari buku tetap relevan dan malah semakin terbukti semua “ramalan” dan “nubuatan”nya terhadap gerakan Islam garis keras.
 
Sumber : Status Facebook Iman Fauzan
Baca lengkap buku Ilusi Negara Islam disini
Wednesday, May 30, 2018 - 21:30
Kategori Rubrik: