Asma Akhras

Oleh: Sumanto Al Qurtuby

 
Jika Yordania memiliki Queen Rania, Suriah mempunyai Asma Akhras, istri Presiden Bashar Assad. Baik Rania maupun Asma sama-sama tampil modis tanpa balutan hijab, abaya atau jilbab gelombor, apalagi cadar. 

Menariknya, Asma yang lahir di Inggris & alumnus King's College London ini bukan pengikut Alawi seperti suaminya, melainkan penganut Sunni sebagaimana orang tuanya. Jika Asma pengikut sekte Alawi, hal itu bisa dimaklumi karena mereka tidak mewajibkan perempuan untuk berhijab. Karena itu kaliyen jangan heran kalau melihat banyak perempuan Muslimah Alawi yang tak berhijab.  

 

Alawi adalah sekte Islam minoritas di Suriah. Populasinya mungkin sekitar 10-15 persen. Baik Sunni maupun Syiah tidak menganggap Alawi sebagai cabangnya. Praktik keagamaan Alawi memang semacam campuran dari berbagai aliran keislaman.  

Mayoritas penduduk Suriah adalah Sunni, selebihnya (selain Alawi) adalah Shiah Imamiyah, Ismaili, Druze, Yazidi. Umat Krsten ada sekitar 10an persen, mayoritas adalah Ortodoks Suriah. Selebihnya Melkite, Katolik Armenia, Katolik Chaldea, Maronite dlsb. 

Asma dinikahi Bashar Assad hanya selang beberapa bulan saat ia menjadi presiden paska wafatnya sang ayah (Presiden Hafez al-Assad) pada tahun 2000. Asma sendiri baru pindah ke Suriah bulan November tahun 2000 dan dinikahi Bashar sebulan kemudian. Banyak pihak menilai perkawinannya adalah "perkawinan politik", yakni Bashar ingin menggaet simpati publik Sunni. 

Asma yang mahir bahasa Inggris, Arab, Perancis dan Spanyol ini pernah disebut sebagai salah satu tokoh berpengaruh di Timur Tengah versi "Middle East 411 Magazine" karena turut memprakarsai sejumlah reformasi sosial-ekonomi-pendidikan di negaranya seperti pemberian micro-credit untuk pedagang kecil & kaum difabel, emansipasi perempuan, reformasi pendidikan dlsb. Tapi semua usahanya yang ia rintis sejak tahun 2000 itu luluh lantak karena dihantam perang sejak 2012.  

Terlepas dari kiprahnya atau posisinya sebagai istri Bashar Assad yang menuai kontroversi sebagian kalangan, saya melihat potongan atau gaya rambut Mbak Asma ini wokeh juga. 

Rambut Mbak Asma ini persis kayak rambutku sekarang yang agak njekrak kalau habis bangun tidur. Bangun kok tidur gimana sih? Bangun ya bangun, tidur ya tidur, masak bangun tidur? Habis bangun tidur lagi, habis tidur bangun lagi. Emang kaliyen bisa bangun waktu tidur dan tidur waktu bangun? Hanya si otong di dunia ini yang bisa melakukan ini karena doi makhluk yang agak ajaib

 
(Sumber: Facebook Sumano AQ)
Saturday, May 16, 2020 - 05:15
Kategori Rubrik: