Asal Mangap Aja

ilustrasi

Oleh : Parluhutan Situmorang

Sebenarnya tidak tepat jika bung Karno dan bung Hatta disejajarkan dengan Rijik. Karena mereka beda zaman, beda perjuangan dan mungkin juga beda selera. Apalagi jika dikatakan bahwa Rijik lebih hebat kharismanya dengan kedua tokoh bangsa tersebut. Lagi ngigau ya Zon? 

Pasalnya bung Karno dan bung Hatta adalah pejuang kemerdekaan melawan penjajah. Mereka adalah the founding fathers atau yang dijuluki juga bapak proklamator. Bung Karno dan bung Hatta sangat pluralism atau sangat toleran pada perbedaan suku, gologan, agama,adat, hingga pandangan hidup. Itu sebabnya bung Karno dan bung Hatta tidak mau menghina Agama dan budaya orang lain.

Mereka dianggap sebagai manusia-manusia yang unggul dalam pemikiran, visi, dan intelektualisme. Sangat nasionalis, religius dan bertata krama yang baik.

Hanya orang bodoh yang mau membanding-bandingkan Rijik dengan kedua tokoh bangsa tersebut. Mereka berdua sudah berbuat banyak untuk memerdekakan dan mempersatukan bangsa ini. Pertanyaannya, apa yang sudah diperbuat Rijik untuk mempersatukan bangsa ini?

Fadli Zon ini sepertinya asal mangap aja. Tidakkah dia mengetahui betapa berat perjuangan bung Karno dan bung Hatta memerdekakan bangsa ini? Tidakkah Fadli ini mengetahui nazarnya bung Hatta 'tidak akan menikah, sebelum Indonesia Merdeka?' Bukankah nazar tersebut adalah pengorbanan yang tidak ternilai? Koq tega-teganya dia membanding-bandingkannya dengan si Rijik?

Soal kharisma, benarkah kharisma si Rijik lebih hebat dari bung Hatta dan bung Karno khususnya? Apa tolok ukurnya Zonk? Dalam hal membandingkan itu harus apple to apple Zon, bukan apple to jeruk nipis.

Biarlah mereka menjadi dirinya masing-masing tanpa perlu dibanding-bandingkan dengan cara-cara bodoh.

Salam Indonesia Damai

Sumber : Parlutuhan Situmorang

Sunday, November 22, 2020 - 13:00
Kategori Rubrik: