Arus Mudik 2019 Yang Lancar

ilustrasi
Oleh : Muhammad Jawy
 
Dampak baik dari lancarnya arus mudik lebaran 2019 ini adalah turunnya jumlah kecelakaan lalu lintas.
 
Salah satu faktor kecelakaan tentu lelahnya pengemudi, kesiapan fisik kendaraan, dan tingkat kesemrawutan lalu lintas. Dalam kondisi jalan semrawut, orang akan kesulitan mencari tempat istirahat untuk setiap 4 jam ia mengemudi, padahal ini adalah kebutuhan penting. 
 
Dengan semakin rapinya infrastruktur jalan, ditambah kesigapan Polri dan stakeholder jalan raya, kita patut optimis ke depan kita akan menjumpai proses mudik yang semakin manusiawi,  minim kecekakaan, lebih menyenangkan. 
Namun, godaan di jalan tol adalah kita tak segera mengambil kesempatan untuk istirahat sejenak, karena merasa tidak lelah. Sebaiknya dari awal diprogram, dan ditaati, rencana untuk istirahat kapan dan dimana, ini tidak hanya untuk keselamatan diri dan keluarga, tapi juga membantu keselamatan pemudik lain. 
 
Ya, tentu ada beberapa pihak yang terdampak dengan jalan tol ini, salah satunya adalah UMKM yang terancam turun penghasilannya. Tentu solusinya adalah mendorong produk mereka tersedia di rest area, dan mungkin mempopulerkan untuk ambil rehat dengan cara keluar dari jalan tol di beberapa kota sambil menikmati kuliner asli kota yang dilewati tersebut.
 
Ya, saat balik nanti, akan saya gunakan kesempatan untuk mampir di beberapa kota yang dilewati, mengajak anak-anak mendapat pengalaman baru. Dan cemilan baru. :D 
 
Kutip:
 
Korps Lalu Lintas Polri mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas saat mudik tahun 2019 menurun jika dibandingkan 2018. Dari 30 Mei hingga 2 Juni 2019, terdapat 284 kecelakaan lalu lintas.
 
Pada periode yang sama tahun 2018, angka kecelakaan lalu lintas saat mudik sejumlah 703 kasus.
 
"Angka kecelakaan alhamdulilah tahun ini menurun 60 persen dibandingkan tahun 2018 dengan periode yang sama, yakni H-7 sampai H-4 sebelum Hari Raya Idul Fitri," ujar Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 Korlantas Polri, Kombes (Pol) Bakharuddin Muhammad Syah, di kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2019).
 
Sumber : Status facebook Muhammad Jawy
Tuesday, June 4, 2019 - 21:00
Kategori Rubrik: