Arcandra Tahar, Menteri ESDM Yang Agamis dan Pemalu

 

Oleh: Alif Kholifah

Siapa sangka pria penyandang gelar PhD dari Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (1998 – 2001) yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) adalah seorang pemalu.

Meski kecerdasannya diatas rata-rata namun untuk mendekati seorang perempuan butuh keberanian ekstra keras.

“Setiap mendekati wanita selalu mengajak saya, ya saya mau saja wong pasti dapat traktiran” kata kawan karibnya di ITB yang tak mau disebutkan namanya itu. Pun termasuk urusan jodoh, beliau menikah ketika sudah bekerja dan menuntaskan gelar doktoralnya di Amerika.

Itupun karena dipaksa keluarganya untuk segera menikah. Arcandra yang waktu itu telah bekerja meminta cuti 2 minggu untuk kembali ke kampong halamannya di Padang. Hingga H-3, tak juga menemukan gadis yang cocok.

Tak sengaja dia sempat bertemu seorang teman yang kebetulan bersama adiknya. Lantas dikenalkanlah Arcandra dengan perempuan itu.

Merasa tertarik dan cocok, pria yang kini memiliki 2 anak perempuan ini memperpanjang cuti 1 minggu lagi dengan alasan menikah! Hal yang sangat jarang terjadi.

Memegang agama secara baik, di Houston Amerika dia pun mendirikan Family Academy. Lembaga ini secara rutin tiap hari Sabtu mengajarkan anak-anak membaca Al Quran dan melakukan kajian agama Islam.

"Surprise betul. Orangnya sangat low profile," ujar Ira Damayanti, yang tahun lalu bersama Konjen Indonesia di Houston Henk Saroinsong dan Tim Indonesia Diaspora Network, mengunjungi Arcandra di tempat kerjanya Petroneering.

Sewaktu diminta membantu presiden membenahi sector ESDM, si sulung menangis merasa tak siap pindah.

“Maklum saja sejak lahir hingga besar tinggal di Amerika sehingga merasa berat. Tapi saya bilang Ayah bisa seperti ini karena Negara dan ketika Negara membutuhkan bantuan, ayah harus siap nak” tuturnya pada seorang teman dekatnya.

Selamat bekerja dan benahi sektor ESDM agar makin maju pak.**

Monday, August 15, 2016 - 10:30
Kategori Rubrik: