Aparat Kita Luar Biasa Sabarnya, Saya Emosi

ilustrasi
Oleh : Meicky Shoreamanis Panggabean
 
Udah pernah ngomel ke tentara?Gue dong pernahhhh...
 
Tadi gue nganter tabung-tabung oksigen ke KPU dan lain-lain. Ada 3 jenis:Yang gede, kecilan dikit dan yang sekali pake langsung buang. 
 
Nah, pas nyerahin tabung, gue bilang bahwa itu dibeli pake  duit keluarga dan temen-temen."Ini buat Bapak-bapak ya, bukan buat perusuh.Kita capek-capek cari duit trus nyumbang, itu bukan buat mereka. Mereka mah mati juga kagak papa, yak. Kerjanya cuma ngerusak negara."
 
Buat yang nyumbang dan elo gak keberatan duitnya dipake buat perusuh, maap yak. Kemanusiaan memang universal, nggak memandang ideologi. Masalahnya, gue meragukan bahwa mereka manusia. Gituh.
 
Gue 'kan kesel banget  liat beberapa video  kerusuhan yang  sempat viral. Jadi, gue numpahin keselnya ke mereka. Gue ngomel-ngomel ke tentara yang ada di Bawaslu sama KPU.
 
Gue tau ocehan gue gak mutu.Gue cuma butuh tempat sampah yang statusnya 'orang dalam'. 
 
"Bilang kek Pak ke komandannya, kagak usah baek-baek amat dah sama perusuh."
 
Nggak bisa, Bu. Nanti pertanggungjawabannya gimana kalo kita salah? Yang provokator ditangkepin kok, Bu. Sama kalo ada yang kelompok besar, itu juga ditangkepin soalnya berpotensi ngejarah orang lagi dagang."
 
Ibu-ibu yang bawa bom itu, kenapa lama amat ya?Kenapa ga diapa-apain?Ntar kalo tauk-tauknya bomnya meledak gimana?"
 
Nggak bisa Bu ditembak. 'Kan ada SoPnya.
 
--Ada tentara ngomong gini,"Itu kayaknya masalah kejiwaan. Dia bener2 kayak orang linglung--
 
"Emangnya ada peraturannya, mesti nunggu minimal berapa menit trus baru boleh tembak?"
 
Gak ada, Bu.Nunggu instruksi komandan.
"Komandannya pake apaan ngasi instruksinya?Pake feeling? Ya olo...Kalo feelingnya salah gimana dong, anak buahnya mati?Bomnya keburu meledak? Trus Bapak mati?Lha Bapak ngapain mati?Perusuh aja kali yang mati."
 
Bla...Bla...Bla...Lalala...Lalala...Trilili...Trilili...
Kwekkkk...Kwekk...Kwekkk...
Petokkk...Petok...Petokkk...
 
Begitulah tadi gue ngomel.Kalo gue cowok udah digaplokin kali, yak. Berisik. 
 
Mereka tuh  dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Papua, Jember, NTT, macem-macem. Ada yang 'baru' di Jakarta dari Senin, ada juga yang udah 2 bulan.
 
"Kok 2 bulan, Pak?Ngapain 2 bulan di sini?"
 
Ya ngejaga suasana supaya kondusif, Bu.
 
--Tadi tuh ada kali 3 tentara yang ngomong pake istilah kondusif.Ini kayaknya istilah yang sering dipake komandan mereka pas briefing. Mungkin, loh.Nebak doang--
 
"Keluarga Bapak  di mana?"
 
Palembang, Bu.
 
"2 bulan tuh di sini terus, gak pulang-pulang?"
 
Iya, Bu.
 
"Tugasnya gantian, ya?Shift-shiftan?Bapak jam 7 pagi sampe 7 malem. Ntar diganti orang lain, gitu?"
 
Nggak, Bu.
 
--Gue bingung.Gue kira kayak satpam kompleks, jaganya gantian.--
 
"Hahhh??Maksudnya "nggak", apa ya?
 
Ya kita jaga trus.Setelah suasana kondusif, baru boleh ninggalin tempat.
 
--'Kan ! Pake 'kondusif' lagi. Gue kate juga ape.--
 
"Masa' 24 jam gitu kerjanya?"
 
Gak juga.Ada yang 2 hari. 
 
--Glek--
 
"Bener-bener gak ada sistem gantian?"
 
Ada. Ganti tempatnya tapi Bu, bukan ganti orangnya. Bisa aja sekarang saya di sini trus besok ditempatkan di  tempat lain yang ada demonya"
 
Oalah.Cendana emang terkutuk. 
 
Temen gue ngeWA,"Prabowo kenapa susah banget mati, ya?"
 
Jawaban gue standar,"Katanya orang jahat umurnya panjang?"
 
Tapi buat Tuhan, angka itu relatif loh. Ada ayatnya di Alkitab: Buat Tuhan satu hari kayak 1000 tahun dan 1000 tahun seperti 1 hari.
 
Jadi, mari kita lakukan perintahNya yaitu,"Doakan musuhmu."
 
Yuk, kita pura-pura baek. Marilah kita rame-rame  berdoa,"Tuhan, bisakah Engkau memberi tambahan umur ke tiap-tiap anggota Cendana  sebanyak1000 tahun?  Jadi mereka punya kesempatan untuk bertobat? Lalu  mereka bantu Jokowi bangun negara?"
 
Setelah berdoa marilah kita berharap: Mudah-mudahan Tuhan kagak ngejawab begini...
 
"Bentar yak, anakKu.Tunggu sehari lagi."
 
Eaaaaa...

Sumber : Status facebook Meicky Shoreamanis Panggabean

 

Sunday, May 26, 2019 - 16:30
Kategori Rubrik: