by

Antibody

Al-Quran dan Sunnah sejak 15 abad lalu sudah memerintahkan kita untuk melakukan penelitian terus tanpa henti, atas segala gejala dan fenomena alam semesta. Kita disuruh menembus penjuru langit dan bumi kalau perlu.

Di suatu kurun tertentu, mungkin saja teknik penyembuhan masih begitu kuno dan tradisional. Termasuk di masa kenabian Muhammad SAW abad ke-7 masehi, hadits-hadits nabawi terkait dengan teknik penyembuhan di masa itu masih terdokumentasikan hingga hari ini. Fungsinya sebagai catatan sejarah yang berharga.

Sebagaimana juga hadits terkait jadulnya alat transportasi, alat industri, alat pertanian, alat peternakan, dan alat-alat rumah tangga di masa itu. Kita meyakini bahwa semua itu bukan bagian dari tujuan syariat yang mengunci-mati kita harus mempertahankan pemakaian alat-alat bagian sejarah.

Begitu juga dengan alat-alat penyembuhan di masa itu, tentunya syariat Islam tidak mengikat kita dengan pengobatan 15 abad yang lalu. Karena jenis penyakitnya juga sudah jauh berbeda.

Boleh jadi penyakit yang beredar di masa itu sudah tidak ada lagi di masa sekarang. Sebaliknya, penyakit di masa sekarang ini membutuhkan penyembuhan yang sesuai dengan zamannya.

Maka berbahagilah kita ketika penyakit yang adanya di zaman sekarang, ternyata bisa disembuhkan lewat teknologi kedokteran yang sesuai dengan zamannya.

Bukannya malah memusuhi sambil memisuhi.

Sumber : Status facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed