Antara Yaman dan Habaib

ilustrasi

Oleh : Budi Yanto

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia Yaman memang dianggap sebagai " Negeri para Habib", lantaran banyak habib ( jamak: haba'ib ) baik bagi yang waras maupun yang tidak waras.

Saking lugunya mayoritas orang ISLAM di Indonesia orang Arab Yaman dianggap sebagai " Habib ". Bukan hanya itu saja, saking tidak tahunya semua orang Yaman dianggap ahli Islam, ngk tahunya tk lebih hanya GELANDANGAN POLITIK atau semacamnya yg datang ke Indonesia hanya cuman bermodalkan sebuah topeng gamis putih serta surban penutup kepala yg tanpa diimbangi dgn akhlaq mulia.

Dalam sejarahnya, kelompok Habib (atau disebut " kaum sadah " ) ini hanya sejumlah kecil saja dari rakyat Yaman keseluruhan, apalagi habib yang ahli studi Islam.
Selebihnya adalah warga Yaman non-habib dan non-spesialis studi Islam dari kalangan kelas sosial-ekonomi rendahan.

Dulu, mereka rela nekad berkelana terlunta-lunta dan berlayar menyusuri samudra ke kepulauan Melayu-Indonesia, karena daerahnya ( Yaman ) sering dilanda perang, kerusuhan, paceklik, maupun kelaparan.
Hingga kini, Yaman oleh PBB digolongkan sebagai salah satu negara termiskin di dunia.
yang susah mendapatkan akses minuman, makanan, pendidikan, apalagi pekerjaan.

Jaman dulu, sebagian dari mereka hilir-mudik, balik-bolak, pulang-pergi Yaman-Indo, Indo-Yaman , sebagian lagi cuma ngirim uang dengan dititipkan teman atau saudara yang mudik, dan sebagian lagi kawin dengan penduduk lokal Melayu-Indonesia.

Keturunan mereka, anak-cucunya sekarang, beraneka ragam profesi dan tingkah polahnya, rata2 kebanyakan dari mrk adl berdagang, ada yang jadi :

~ Pedagang kain,
~ Pedagang pakaian kas Timur Tengah,
~ Pedagang perlengkapan ibadah,
~ Pedagang tasbih,
~ Pendagang minyak wangi,
~ bahkan ada yg dagang agama.

Keturunan mrk jga komplit,

~ ada yg akademisi,
~ ada yg suka demo,
~ ada yg birokrat,
~ bahkan ada yg jadi GUBERNER suka main embat uang rakyat, tapi tatkala rakyat sedang membutuhkan malah MINGGAT....!!!
KAN BANGSAT..!!!

Sifat serta karakternya jga bermacam2,
ada yang arogan, sok suci, bahkan dia lupa sekarang hidup di negara siapa

Di Yaman sendiri, komunitas habib ini mayoritas terkonsentrasi di Yaman selatan Hadramaut lebih tepatnya lagi Tarim.
Seperti negara-negara lain di Timur Tengah dan dunia manapun, populasi Yaman juga terdiri dari beraneka macam kelompok etnik, agama, ideologi maupun politik.

Yang sangat menarik Yaman adalah sebagai salah satu basis KOMUNIS-menya yg paling kuat di Timur Tengah, dan pernah menguasai politik-pemerintahan serta mampu bertahan hingga kini, Bahkan ada juga tokoh-tokoh elit KOMUNIS YAMAN ini yang di Indonesia.

Sumber : Status Facebook Budi Yanto

Wednesday, May 27, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: