Antara Virus Corona dan Contagion

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Kita patut berdoa dan berharap, virus keluarga Corona yang sedang mewabah ini tidak separah virus Spanish Flu. Tahun 1918 ketika wabah itu datang, diperkirakan sepertiga penduduk dunia terkena virus itu, dan 50 juta orang meninggal.

Memang infrastruktur kesehatan umat manusia sudah jauh lebih baik dari tahun 1918, namun disisi lain, transportasi yang sangat maju, orang bisa bepergian antar negara antar daerah dengan sangat mudah dan cepat, justru menjadi faktor negatif karena berpotensi memudahkan penyebaran virus ini.

Peradaban manusia yang semakin maju, teknologi komunikasi dan kesehatan yang terus berkembang, sepatutnya bisa menjadi penyumbang atas pertahanan manusia melawan virus-virus yang mengancam keberlangsungan umat manusia.

Ada film bagus, Contagion, yang menggambarkan situasi chaos akibat penyebaran virus mematikan. Ada pahlawan dari tim medis, pemerintah, masyarakat yang bahu-membahu menyelamatkan nyawa manusia.

Ada juga, tentunya, penyebar hoaks yang memperkeruh suasana dan membuat kegaduhan yang mencelakakan banyak orang. Kita tentu tidak akan menjadi orang yang demikian.

Namun, semoga virus yang sekarang sedang heboh ini segera padam. Kita juga tidak perlu panik berlebihan, waspada itu harus, tanpa harus menyebarkan informasi yang berpotensi merusak kedamaian masyarakat.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Friday, January 24, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: