Anda Telanjur Sebar Hoax, Ustadz Tengku Zul

Oleh: Muhammad Jawy

 
Begini Tadz, Anda sudah terlanjur menyebar hoax. Ketika Anda mencabut informasi hoax tersebut, masalah tidak selesai begitu saja.

Menurut kajian psikologi yang pernah saya ikuti, tidak cukup informasi bohong ditutup dengan satu klarifikasi. Karena informasi bohong itu sudah terlanjur menancap di benak orang yang mendengar ceramah Anda. Butuh banyak upaya untuk mencabut informasi bohong tersebut d

ari kepalanya.

 

 
Dan kalaupun orang tersebut akhirnya bisa mencabut informasi bohong di kepalanya, maka masih ada kebencian yang tertinggal dalam dadanya. Ini yang tidak mudah dihapus.

Makanya Ustadz, Islam itu sangat ketat mengajarkan tentang seleksi informasi, karena dampaknya yang sangat besar. Kita tahu bahwa beberapa perang besar di dunia, terjadi karena akumulasi berita bohong. Itu sebabnya ada beberapa ayat Quran sekaligus yang memerintahkan kita untuk berhati-hati dalam menerima dan mengelola informasi (Al Hujurat 6, An Nuur 15-16). 

Sebenarnya tidak perlu membuat mata ilmu yang baru. Belajar saja ke mata kuliah ilmu hadits. Di sana kita akan mudah temui, bahwa seorang yang menjadi ember bocor, yaitu meneruskan semua pesan yang diterimanya, tidak peduli benar salah, tidak peduli sumbernya dari mana, akan disebut sebagai orang yang tidak layak dipercayai riwayatnya.

Semoga kekeliruan (fatal) ini tidak terulang kembali, Ustadz.

 
(Sumber: Facebook Muhammad Jawy)
Wednesday, March 13, 2019 - 16:15
Kategori Rubrik: