by

Anak Karbit

Memang bangga punya anak abege yang sudah jadi mahasiswa. Itu bisa jadi indikasi kalau si ortu berhasil mendidik anak. Tapi dosennya yang pusing, karena mengajar anak kecil. Menghadapi anak yang mentalnya masih labil itu riskan. Dikritik sedikit saja nangis. Mahasiswa seniornya juga mumet ketika mau ngospek (untungnya sekarang dihapus). Nggak tega memplonco anak kecil.

Lebih baik biarkan anak menikmati proses masa kecilnya. Karena itu tidak akan pernah terulang. Ortu jangan merenggut masa indah anak dengan memaksanya belajar keras demi memenuhi obsesi si ortu.

Banyak ortu yang terobsesi seperti itu. Anaknya dipaksa pandai. Semua kursus berbagai bidang studi diborong habis. Masa-masa bermain anaknya pun terbengkalai. Dan anaknya pun lelah secara fisik dan mental. Dadi rodok mengong.

Hidup nggak semata mengejar prestasi. Buat apa pandai tapi kalau jiwanya kering. Koyok Michael Jackson (MJ). Di usia dewasanya malah mainnya sama anak kecil. Membangun kebun binatang, taman bermain anak-anak, dan sejenisnya untuk menghadirkan kembali masa kecilnya yang dulu hilang.

FYI, saat masih anak-anak, MJ digembleng keras oleh bapaknya untuk dijadikan penyanyi. Dia bersama kakak-kakaknya disatukan bapaknya dalam kelompok vokal Jakson 5. Tiap hari kerjanya menyonyo eh menyanyi terus. Sampai nggak sempat lagi main gobak sodor, bentengan, jumpritan dan permainan anak-anak lainnya.

Secara prestasi MJ memang sukses besar, tapi secara jiwa dia merasakan kekeringan yang luar biasa. Kaya tapi kalau jiwanya sakit ya apa asyiknya.

Hidup itu cari bahagia. Berhasil menjual jutaan kopi album tapi nggak bahagia, apa enaknya. Sik mending raimu. Kerjo serabutan tapi ngopi karo ngerokok lancar. Bendino cengengesan nongkrong nang wedangan. Hidup tanpa beban. Nikmat mana lagi kau yang dustakan.

Kembali ke soal umur.

Umur memang tidak boleh disia-siakan, tapi juga jangan dipaksakan. Apa pun itu harus disesuaikan dengan umur, mental, dan fisiknya. Konsumsi anak balita beda dengan konsumsi anak remaja, apalagi dewasa. Anak SD tentu belum saatnya diajarkan secara detail soal reproduksi manusia. Yang repot gurunya, “Ketika anunya pria ketemu anunya wanita..saat nganu itulah..anunya pria mengeluarkan anu…akhirnya jadilah nganu… “.

Tapi sakarepmu rek. Nggak masalah anak dikarbit kalau memang otak si anak bisa ngejar dan mentalnya juga oke. Tapi kalau tidak begitu, anakmu iso gendeng.

Anak jangan dipaksa cerdas. Sak madyo ae. Bagus kalau otaknya cerdas, prestasinya selangit. Tapi sebenarnya dalam pergaulan sehari-hari kognitif itu nggak penting-penting amat. Yang penting hatinya nyambung. Justru orang kampus yang terlalu cerdas itu omongannya sulit nyambung dengan orang kampung. Lha ya’opo, tukang nduduk sumur dijak mbahas rumus pitagoras.

Wis ah, ojok percoyo. Eh, regane karbit piro yo saiki?

Sumber : Status Facebook -Robbi Gandamana-

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed