Anak Bangsa Merayakan Imlek Dalam Pelukan Mama Bangsa

ilustrasi

Oleh : Ratu Herlina

Di daerah saya, sebutan mama yang sepadan dengan kata ibu tidak hanya disematkan kpd perempuan yang melahirkan. Sapaan ini juga dilayangkan kepada perempuan yang dinilai lebih tua, bisa juga lebih muda atau punya jabatan/kedudukan tertentu dalam masyarakat. Kerap kali, saya disapa dengan sapaan 'mama' karena tugas saya. Sapaan ini menunjukkan adanya penghargaan sekaligus kedekatan emosi yang mengandung pesan kehidupan antara yang disapa dan penyapa.

Sapaan ini sangat akrab dengan hidup saya. Pengalaman dibesarkan oleh seorang perempuan hebat yang tidak kenal lelah, mempertaruhkan seluruh jiwa raga demi kami anak-anak dan cucu2nya agar tetap hidup di tengah kerasnya zaman. Seorang perempuan yg separuh waktunya dihabiskan untuk mendidik kami, sedang separuhnya lagi utk mencari nafkah dan menjadi sahabat bagi kami ketika prahara menghantam dan melukai kami. Tak jarang perempuan ini harus bertindak keras utk mendisiplinkan kami, tapi pelukannya selalu menjadi tempat yang kami rindukan hingga kini, tak peduli seberapa jauh kami pergi menjauhinya krn berbagai kesibukan dan panggilan hidup. Ia selalu bisa memeluk, menggendong, mendengarkan keluh kesah kami, berjalan bersama kami, menangis dan tertawa bersama. Ya...dari perempuan hebat ini, saya belajar apa artinya sapaan mama.

Ada makna kehidupan dalam sapaan itu. Ada harapan bahwa sang mama akan merangkul,meneduhkan,mengayomi,meneguhkan dan sejumlah makna hidup lainnya. Ia, sang hidup, ia, sang daya, ia, sang harapan, ia, sang sahabat, ia...sang, sang yang lain...silakan tambahkan sendiri berdasarkan pengalaman Anda.

Pengalaman ini mengantar saya sebagai masyarakat NTT pada keputusan menyapa ibu Iriana sebagai Mama Negara. Mama yang mencurahkan daya hidup hingga bapak bangsa berlaga dengan hati bagi anak dan masa depan bangsa. Mama yang rangkulannya selalu berbicara melampaui segala kata yang terucap, mama yang menawarkan harapan bahwa negeri ini tak akan punah karena berbagai kemelut. 
Dan tepat di hari yang bahagia ini, hari di mana sebagian anak-anakmu sedang merayakan Imlek, kami ingin mama bangsa memeluk anak-anak bangsa seperti yang biasa engkau lakukan sembari mengucapkan Gong Xhi Fat Chai.

#AkuIriana170419TDH

Sumber : Status Facebook Ratu Herlina

Wednesday, February 6, 2019 - 10:00
Kategori Rubrik: