Amin Rais Memainkan Politik Ala Khawarij

Ilustrasi

Oleh : Ahmad Tsauri

Praktek politik Amin Rais ini sangat tidak sehat. Pada masalah awal Islam, banyak fraksi politik yang berbasis ideologis. Secara tidak tertulis, mereka berserikat karena suatu faham dalam memahami realitas sosial pada masa itu.

Jumlahnya sangat banyak, Qadariyah, Jabariyaj, Jahmiyah, Muktazilah, Syiah, dan dalam catatan Syekh Syahrastani jumlahnya lebih 70 kelompok.

Sebagai gambaran, Jabariyah, kelompok yang menganggap segala sesuatu yang terjadi dialam semesta ini karena kehendak dan kekuasaan Allah, termasuk kezaliman penguasa Umayah terhadap Ahli bait dan umat Islam adalah kehendak Allah. Jadi tidak perlu ada revolusi.

Qadariyah, menjadi anti tesis Jabariyah. Qadariyah manusia mempunya kebebasan berkehendak dan berbuat, jadi kezaliman umayah harus dilawan.

Tapi baik Jabariyah maupun qadariyah bisa berdialog. Basis argumennya jelas.

Kembali ke Amin Rais, dari banyak ragam fraksi politik dalam sejarah Islam, model Amin Rais ini hanya cocok dengan Khawarij. Mereka tidak berbasis argumen dan dialog.

Ketika ditanya kenapa Imam Ali salah, Khawarij hanya mengatakan Ali sudah keluar dari hukum al-Quran. Kemudian ditanya "bagaimana bunyi hukum al-Qurannya". Khawarij menjawab "pokoknya imam Ali tidak sesuai al-Quran.

Coba tanya ke Amin Rais, partai Hizbullah, partai Allah dan Partai Syaitan itu apa ukurannya? Apa parameternya? Tidak korupsi misalnya. Kalau begitu, apa PAN partai Syaitan karena terbukti, Zulkarnain Hasan, Zumi Zola dan aliran uang korupsinya ke partai PAN.

Tanyakan lagi, "Dajjal Politik" itu apa ukurannya? Dia tidak akab bisa menjawab karena tidak punya parameter yang objektif.

Kalau menurut saya Dajjal politik itu seperti PAN dan PKS minta jatah menteri, setelah dikasih berdiri dua kaki. Lalu mendukung Oposisi.

Politik Amin Rais ala khawarij ini berbahaya. Ideologi seperti ini tidak bisa hidup dialam demokrasi. Amin Rais tidak sedang mempraktekan buku "tauhid sosial" yang ditulisnya.

Praktek politik seperti Amin Rais ini sangat Rasis. Anda tahu semua, politikus semacam Amin ini ada dikubu mana?

Sumber : Status Facebook Ahmad Tsauri

Tuesday, September 11, 2018 - 16:00
Kategori Rubrik: