Ali Jaber Sang Peneduh

ilustrasi
Oleh : Ilham Khoiri
Syeikh Ali Jaber, lahir di Madinah, Arab Saudi, 44 tahun silam. Dia hijrah ke Indonesia, menjadi warga negara Indonesia (WNI), menikah dengan gadis sini, tinggal di Jakarta. Dia hafiz Alquran sejak muda.
Setelah kasus penusukan Syeikh saat ceramah di Lampung, tampak Syeikh Jaber memang punya kelapangan hati. Dia tidak gusar dan marah, bahkan memaafkan pelaku kekerasan itu. Saat diajak ngobrol di channel Deddy Corbuzier, jawaban-jawabannnya menunjukkan kematangan spiritual, tasawuf, yang mengharukan.
Keputusan hijrah dari Madinah ke Indonesia, lalu jadi WNI dan menetap di sini juga menarik. Meski lahir dan tumbuh di Madinah, Syekh Ali Jaber sangat memahami negeri ini, beserta segala kemajemukan masyarakatnya. Ceramah-ceramahnya tebarkan spirit toleransi, hargai berbagai kelompok berbeda, termasuk kelompok dalam Islam yang beda pandangan.
Entah bagaimana, kadang Syekh terasa lebih mengerti kemajemukan Nusantara ketimbang sejumlah pendakwah asli Indonesia yg suka merasa paling benar sendiri.
Syeikh Ali wafat, di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (14/1/2021) pagi. Duka mendalam, alfatihah untuk almarhum.
Sumber : Status Facebook Ilham Khoiri
Saturday, January 16, 2021 - 13:45
Kategori Rubrik: