Alhamdulillah Buya (Syafii Maarif) Sudah Negatif

ilustrasi
Oleh : Alim
Buya mah gitu. Meski saya tetangga dekatnya, nomer saya tersimpan di HP Buya, saya dapat kabar bahwa Buya positif covid justru dari orang lain. Sama halnya kalau Buya sedang ada kendala kesehatan lainnya, Buya ke RS sendiri, antri sendiri, ke apotek sendiri. Usia 86 tahun masih mampu begitu. Padahal kalau diminta bantuan, kita kan malah senang..
Kok bisa tertular? Pikir saya. Buya itu disiplin sekali. Sejak pandemi, praktis Buya tidak berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka, meski belakangan Buya sudah Jum'atan lagi. Apakah klaster keluarga yang memang sulit dihindari? Buya sendiri merasa tidak tahu.
Memang tak banyak yang tahu bahwa Buya beberapa hari kemarin menjalani isolasi mandiri di RSU PKU Muhammadiyah Gamping. Tentu bukan karena malu atau apa, Buya memang nggak mau merepotkan orang lain. Saya tahu dari

, yang suka boncengin Buya naik motor. (Eh, Erik ini juga alumni covid). Saat saya diberitahu, saya langsung WA Buya. Dari situ terkonfirmasi bahwa benar Buya sedang isoman. Sempat deg-degan.. usia segitu dengan komorbid terkontrol karena Buya rajin kontrol kesehatan, makan dan olah raga. Namun sedikit lega karena CT Valuenya tinggi, lebih tinggi dari keluarga saya saat isoman.

Erik videocall saya pagi-pagi yang ternyata sama Buya. Kita tertawa-tawa bersama. Buya seperti nggak sedang mengalami apa-apa. Kalau urusan pribadi mah Buya nggak diambil hati gitu... tapi kalau pas ada tetangga yang mengalami kesulitan, atau ada apa2 di puncak sana yang mengancam bangsa, Buya sampai mengerut sekali dahinya.
Saya juga akhirnya menyimpan informasi itu sendiri, bahkan cerita ke istri pun belakangan. Hanya dua orang yang saya beritahu, Abah

dalam rangka minta doa beliau. Terima kasih, Abah. Dan satu lagi Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center. Meski akhirnya banyak juga yang tahu...

Semalam saya dapat info bahwa Buya sudah negatif. Alhamdulillah, lega rasanya. "Sdh negatif, Sabtu sonten, 20 Feb. sampun wansul. Nuwun. Maarif", balas Buya. Lagi2 saya agak telat dapat info. Pun begitu, saya lega sekali.
Buya, sehat-sehat ya... kita sedang siapkan kado ulang tahum Buya ke 86.
Sumber : Status Facebook Alim
Wednesday, February 24, 2021 - 09:30
Kategori Rubrik: