Al Ahzab dan Corona

ilustrasi

Oleh : Ahmad Tsauri

Ada yang ngirim broadcast, dan bertanya apakah isi tulisan itu benar. Isinya surat al-Ahzab 33 yang dianggap berhubungan dengan virus corona yang menyebabkan kita semua disuruh diam dirumah. Betul ayat 33 bermula dengan kata-kata waqarna, (bukan corona), dari akar kata ini ada beberapa makna, artinya menetap, tinggal, mendiami, asal katanya قر kedua artinya tenang, وقر. Menurut Imam Baidhawi kata wa qorna itu bisa dari dua akar kata itu.

Namun ayat itu tidak ada hubungannya dengan virus corona, ayat ini tentang rangkaian perintah Allah swt kepada para Istri Rasul, karena derajatnya disisi Allah sangat tinggi, maka ada beberapa etika dan norma yang harus dilakukan oleh istri Nabi agar diteladani oleh muslimah lainnya; bicara yang lugas, berkata baik, menutup aurat, mendirikan sholat, zakat mentaati Allah dan Rasul.

Dan istri-istri Rasul harus berdiam dirumah وقرن فى بيوتكما, kecuali untuk ke masjid, dan buang hajat, karena dulu belum ada kamar mandi dan jamban didalam rumah. Makanya dulu sayidah A'isyah ketika perang jamal bersekutu dengan Muawiyah dan memerangi Imam Ali, setelah pasukan sayidah Aisyah takluk, Imam Ali mengantar sayidah Aisyah pulang kerumah Nabi saw karena Imam Ali mengamalkan ayat ini; memastikan Sayidah Asiyah tetap dirumah.

Tapi sekali lagi, ayat tidak ada hubunganya dengan virus corona. Jadi broadcast semacam itu masuk kategori HOAX kepada al-Quran, alias menafsirkan al-Quran sakarepe dewe, sekehendak hati. Dan itu di warning oleh Nabi, gak boleh dilakukan. Jangan menggunakan ayat bukan pada peruntukannya, tidak dimaksud oleh ayat secara dzahir tidak juga secara batin, tidak secara tersurat tidak pula tersirat, tidak secara manthuq (tekstualitas), tidak juga secara siyaq (konteks).

Sumber : Status Facebook Ahmad Tsauri

Saturday, March 28, 2020 - 11:15
Kategori Rubrik: