Akurasi Quick Count Pemilu 2019 di 27 Propinsi

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Rekapitulasi Real Count Manual KPU sudah selesai di 27 Provinsi dari 34 Provinsi. Saya ingin membandingkan dengan data Quick Count (QC) salah satu penyelenggara Quick Count, yaitu SMRC, untuk mengetahui seberapa akurat Quick Count mereka.

Jadi dalam tabel ini, saya menggunakan data rekapitulasi manual KPU (BUKAN data SITUNG KPU!) yang merupakan hasil rapat pleno KPU Provinsi yang dihadiri oleh pihak penyelenggara pemilu, pengawas pemilu dan mengundang para saksi. Ini adalah hasil rekapitulasi berjenjang yang dimulai dari level TPS.

Jadi bisa kita lihat, bahwa dari 27 provinsi, hanya 1 provinsi yang selisih antara hasil QC dan hasil rekapitulasi manual, lebih besar dari Margin Of Error (MoE) QC. Yaitu provinsi NTT, dimana MoE-nya 4,85%, namun selisihnya 5,39%. Sebenarnya dalam papernya, SMRC menulis: "Analisis simultan memungkinkan setidaknya ada 2 dari 34 provinsi yang hasil sebenarnya di luar margin of error." Dan kita juga tahu NTT, bukan termasuk provinsi yang gemuk, sehingga hasilnya tidak akan berpengaruh signifikan ke hasil akhir.

Sedangkan untuk 26 provinsi lainnya, semua sesuai dalam margin of error Quick Count yang dibuat oleh SMRC. Akurasi terbaik di Jawa Barat dengan selisih hanya 0.07% diikuti oleh Jawa Tengah dengan selisih hanya 0,14%.

Jadi kita patut apresiasi kepada SMRC (dan saya yakin lembaga QC lain yang kredibel, namun belum saya hitung sendiri) yang telah memberikan hasil QC yang sangat akurat untuk memprediksi hasil pemilu 2019 ini.

Sehingga saya rasa tidak patut bagi netizen yang masih berusaha untuk memfitnah dan mendelegitimasi QC yang telah dibuat lembaga-lembaga yang memang punya reputasi yang baik. Jangan merusak kehormatan orang lain dengan fitnah. 

Namun tentu perlu kita tunggu hasil rekapitulasi 7 provinsi lain, untuk kita bandingkan dengan QC, tanpa mendahului kehendak bahwa hanya pengumuman resmi KPU yang berkekuatan hukum mengikat.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Saturday, May 18, 2019 - 19:15
Kategori Rubrik: